Rakyat Palestina Kembali Diserang Israel Bertepatan Saat Rayakan Hari Yawm an-Nakba

Rakyat Palestina Kembali Diserang Israel Bertepatan Saat Rayakan Hari Yawm an-Nakba

Warga Palestina saat merayakan peringatan hari Nakba-Anadolu Agency-

PALESTINA, DISWAY.ID – Rakyat PALESTINA beramai-ramai memperingati hari paling menakutkan bagi mereka, yaitu hari Nakba atau Yawm an-Nakba pada Minggu 15 Mei 2022 lalu.

Peringatan Hari Nakba ini digelar di berbagai kota di Palestina dan lagi-lagi rakyat Palestina kembali diserang Israel saat Rayakan Hari Yawm an-Nakba.

Seperti dalam peringatan Nakba di gerbang utara menuju Al-Bireh, Tepi Barat, pasukan Israel dilaporkan menyerang warga Palestina yang menggelar pawai. Sedikitnya 16 warga Palestina terluka.

BACA JUGA:Mendag: MigorRakyat Ini Akan Ada 10.000 Titik di Seluruh Indonesia

Dikutip Disway.id dari laman Al Jazeera, organisasi medis Palestina menyampaikan, tujuh korban luka disebabkan peluru tajam dan tiga korban terluka karena terkena peluru baja yang dilapisi karet.

Empat orang lainnya dilaporkan mengalami gangguan pernapasan setelah menghirup gas air mata yang ditembakkan pasukan Israel.

Selain itu, serangan terhadap warga Palestina yang merayakan Hari Nakba juga terjadi di area kamp pengungsi Al-Aroub di Kota Hebron.

Seperti diketahui Nakba atau Yawm an-Nakba, itu berarti Hari Bencana yang di mana pada hari itu di tahun 1948,  terjadi pengusiran sekitar 750 ribu warga Palestina dari tanah airnya oleh para zionis.

BACA JUGA:Imigrasi Singapura 'Jebloskan' Ustaz Abdul Somad ke Ruangan Berukuran 1x2 Meter, UAS: Macam Liang Lahat!

Saat itu, pasukan zionis melakukan pembersihan etnis Palestina dengan menghancurkan sekitar 530 desa dan kota, serta membunuh sekitar 15.000 orang Palestina dalam serangkaian kekejaman massal, termasuk lebih dari 70 pembantaian.

Zionis yang ingin membentuk negara Israel merebut sekitar 78 persen wilayah Palestina. Hingga saat ini, wilayah Palestina hanya tersisa 22 persen yang terbagi di Tepi Barat dan Jalur Gaza. 

Enam juta warga Palestina kini mayoritas tinggal di kamp-kamp pengungsi yang tersebar di dua daerah itu, sementara jutaan orang lainnya memilih untuk mengungsi di negara-negara tetangga.

BACA JUGA:Program MigorRakyat Rp 14 Ribu Per Liter dari Kemendag, Begini Cara Mendapatkanya

Hari Nakba pun diperingati setiap tahun untuk mengingatkan dunia tentang kekejaman penjajah Israel tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: