Duh, Pesisir Pantai Labuan Dipenuhi Sampah

Duh, Pesisir Pantai Labuan Dipenuhi Sampah

Sampah yang memenuhi area teluk Labuan, Pandeglang, Senin 16 Mei 2022--Radar Banten

PANDEGLANG, DISWAY.ID- Pemandangan tak indah terlihat di pesisir Pantai Labuan, Desa Teluk Kecamatan Labuan. Terlihat sampah menumpuk memenuhi area pesisir pantai. 

Sampah tersebut diketahui berasal dari banjir rob yang datang karena cuaca buruk belakangan ini.

Tanggul yang terbuat dari bronjong batu di Desa Teluk Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang jebol diterjang ombak laut. Puluhan rumah di pesisir Teluk Labuan pun menjadi korban banjir rob. 

Tak hanya itu, sampah pun akhirnya menumpuk di pesisir pantai. 

Randi, warga Desa Teluk, Kecamatan Labuan mengatakan, tanggul pengaman pantai sebetulnya merupakan bangunan baru.

“Baru saja selesai dibangun beberapa bulan lalu namun kini kondisinya sudah jebol. Batuan tanggul mengalami amblas karena tak kuat menahan terjangan ombak,” katanya, Senin 16 Mei 2022.

BACA JUGA:Akhirnya! Nelayan di Labuan Bajo Akhirnya Terima Bantuan Tunai dari Pemerintah, Segini Nilainya

Tanggul yang mengalami jebol ini yang terbuat dari bronjong batu. Sedangkan yang dibeton menggunakan paku bumi sampai saat ini masih kuat.

“Saya harap, semua pesisir pantai di Teluk pakai paku bumi. Supaya aman dari banjir rob,” katanya.

Randi mengungkapkan, jebolnya tanggul menyebabkan rumahnya terendam banjir rob saat terjadi gelombang tinggi. Seperti kemarin, ombak laut naik ke daratan karena kondisi cuaca sedang buruk

“Saat terjadi gelombang tinggi bukan hanya menyebabkan terjadi banjir rob tapi juga banjir sampah. Membuat pesisir pantai Teluk termasuk dermaga Labuan menjadi lautan sampah,” katanya.

BACA JUGA:Ribuan Nelayan di Pandeglang akan Jalani Adat Tasyakuran Laut

Setiap kali setelah terjadi gelombang tinggi akan terlihat tumpukan sampah berasal dari limbah rumah tangga. Kebanyakan sampah plastik yang terbawa hanyut dari aliran sungai.

“Kebetulan kan Teluk Labuan ini berada dekat muara sungai. Sehingga saat terjadi gelombang tinggi, sampah dari muara sungai dan dari laut naik memenuhi daratan sepanjang pantai Teluk Labuan,” katanya.

Sumber: Radar Banten