5 Efek Buruk Menatap Layar Gadget Terlalu Lama, Jangan Sampai Diremehkan

5 Efek Buruk Menatap Layar Gadget Terlalu Lama, Jangan Sampai Diremehkan

5 Efek Buruk Menatap Layar Gadget Terlalu Lama--Freepik/katemangostar

JAKARTA, DISWAY.ID - Menghabiskan waktu di depan layar laptop atau gadget ternyata sangat berbahyaa bagi kesehatan mata.

Pasalnya terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar dapat menyebabkan mata tegang, sehingga membuat ketidaknyamanan mata dan masalah penglihatan.

Dikutip dari PMJ NEWS, berikut sejumlah dampak kesehatan mata jika terlalu lama menatap layar.

BACA JUGA:Selain izinkan Lepas Masker, Tidak Wajib Lagi Tunjukkan Hasil Tes Covid-19

1. Kurang berkedip

Anda akan cenderung lebih jarang berkedip saat menggunakan perangkat elektronik atau menonton TV. Secara khusus, menatap layar elektronik dapat memengaruhi seberapa sering Anda berkedip dan apakah kelopak mata menutup sepenuhnya saat Anda berkedip.

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science menemukan, orang kedip lebih sedikit dan cenderung tidak menutup mata sepenuhnya ketika berkedip saat membaca di perangkat elektronik, seperti tablet dan ponsel.

BACA JUGA:Indonesia U-23 vs Thailand, Marc Klok Pantang 'Ciut': Mungkin Orang Panik, Tapi...

2. Mata kering

Jarang berkedip saat menatap layar komputer atau ponsel dapat membuat mata kering dan terasa seperti terbakar. “Berkedip menjaga permukaan depan mata Anda tetap lembab," ungkap Barbara Horn, seorang ahli optometri di Georgetown, Carolina Selatan, AS.

Dia menyarankan untuk meningkatkan kelembapan udara di rumah dan di tempat kerja (jika memungkinkan). Selain itu, minumlah air sepanjang hari agar tetap terhidrasi, ini bermanfaat bagi tubuh Anda, termasuk mata.

Seringlah berkedip secara sadar selama menatap layar, terutama jika mata mulai terasa kering. Ada kondisi yang disebut mata kering, yaitu saat air mata Anda tidak mencukupi atau berkualitas buruk, menurut AOA.

BACA JUGA:Timnas Voli Putra Indonesia 'Ganyang' Malaysia 3-0

3. Penglihatan kabur

Sumber: