Laki-laki Mengeluarkan Cairan Saat Ngobrol dengan Perempuan, Apakah Batal Puasanya?

Laki-laki Mengeluarkan Cairan Saat Ngobrol dengan Perempuan,  Apakah Batal Puasanya?

Ilustrasi-Pixabay-

DISWAY.ID-Terkadang, tanpa disadari pria kerap kali mengeluarkan cairan dari kelaminnya. Bagaimana saat menunaikan ibadah puasa ini, apakah keluarnya cairan tersebut dapat membatalkan puasa? Terlebih jika cairan keluar saat sedang berbincang atau mengobrol dengan lawan jenis. 

Untuk menjelaskan hal tersebut, beberapa Mazhab memang berbeda pendapat. Dan mungkin ini sesuatu hal yang harus Anda ketahui.

Dikutip Sahijab dari Islamqa, Mazhab Hambali dengan tegas mengatakan jika keluar cairan dari kelami pria membatalkan puasa. Baik itu cairan mazi maupun mani. 

Perlu diketahui bahwa, mazi bukanlah air mani, tetapi ini adalah cairan putih dan lengket yang bisa keluar bahkan hanya dengan memandang wanita.

Sementara mani, adalah cairan putih kental yang biasanya keluar akibat cumbuan atau ketika berjimak dengan istri.

Tapi beda lagi pendapat Abu Hanifah dan Imam Syafii, yang menyebutkan jika mazi yang keluar maka puasanya tidak batal.

Karena cairan yang keluar bukan mani, yang mungkin keluar bahkan akibat bermimpi, menonton video porno tanpa onani, atau berbincang-bincang dengan wanita.

Sementara Syek Ibnu Utsaimin berkata dalam Syarh Al-Mumti (6/236), beliau menyebutkan bahwa

"Tidak ada dalil yang shahih dalam masalah ini. Karena mazi bukan mani, baik dari segi syahwatnya ataupun dari keletihan tubuh, tidak mungkin disamakan."

Bahkan jika Anda berbicara dengan istri kemudian keluar mazi, puasanya tetap sah.

"Tidak adanya hujjah yang menunjukkan bahwa keluarnya mazi membatalkan puasa," menurut pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah.

Walaupun pendapatnya masih menuai pro dan kontra, ada baiknya kita menghindari berbicara secara intens dengan wanita. Hal ini sesuai dengan firman Allah Azza wa Jalla berikut ini:

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ (سورة النور: 30)

Artinya: "Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." SQ. An-Nur: 30

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: