Harga Pertalite Tak Berubah, Erick Thohir: Pemerintah Pastikan Tetap Rp 7.650 Per Liter

Harga Pertalite Tak Berubah, Erick Thohir: Pemerintah Pastikan Tetap Rp 7.650 Per Liter

Harga Pertalite tidak berubah dan Menteri BUMN Erick Thohir ungkapkan bahwa pemerintah masih belum mempunyai rencana untuk menaikan bahan bakar tersebut.-reza-

JAKARTA, DISWAY.ID – Terkait dengan perubahan harga minyak dunia yang terus naik, namun harga Pertalite tidak berubah.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Rabu 18 Mei 2022 bahwa pemerintah masih belum mempunyai rencana untuk menaikan bahan bakar yang disubsidi ini sehingga harga Pertalite tidak berubah.

Eric menambahkan jika harga Pertalite sekarang berada di harga Rp7.650 dan belum ada rencana pemerintah melakukan penyesuaian.

BACA JUGA:Wulan Guritno Sukses Bikin Hormon Jefri Nichol 'Keluar' saat Beradegan Intim: Kalau Kebablasan...

Selain itu Eric juga mengatakan jika melihat harga BBM di luar negeri terdiri dari berbagai macam, ada yang Rp 50.000 atau Rp 60.000 per liter.

Dalam hal ini pemerintah, mengambil posisi di mana masyarakat yang mampu tidak boleh membeli BBM bersudsidi makanya harga Pertamax dinaikkan.

Dilansir dari radarcirebon.com, meskipun harga Pertamax setelah dinaikkan namun masih berada di bawah harga pasar, sehingga masih ada komponen subsidinya.

“Saya sudah sampaikan tidak mungkin pemerintah dengan kondisi pangan dan energi seperti sekarang, pemerintah mendiamkan, tidak melakukan intervensi, tidak mungkin. Pemerintah pastinya hadir,” tambah Eric.

BACA JUGA:Paul Pogba Unggah Video Berpakain 'Hitam-Putih' di Instagram, Kode Keras Balik Juventus?

“Tentu mekanisme kehadirannya melalui berbagai cara. Sebelumnya saat pandemi Covid-19 pemerintah menyediakan obat, vaksin gratis, dan sebagainya,” kata Erick Thohir.

Sebelumnya kenaikan harga minyak dunia akibat konflik geopolitik Rusia-Ukraina mengakibatkan Uni Eropa mempertimbangkan untuk melakukan embargo minyak mentah Rusia, sehingga hal itu berdampak pula terhadap harga BBM di dalam negeri.

BACA JUGA:Kecelakaan Hari Ini, Pemotor Bonceng 3 Tabrakan dengan Pick Up Ikan Asin di Tasikmalaya, 2 Orang Tewas

Pada Maret 2022 realisasi Mean of Platts Singapore (MOPS) Pertalite rata-rata 128,19 dolar AS per barel atau naik 63 persen dari rata-rata tahun 2021 sebesar 78,48 dolar Amerika per barel.

Meski harga global telah melambung tinggi, namun pemerintah Indonesia masih dapat menjaga harga Pertalite senilai Rp7.650 per liter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarcirebon.com