Waspada, Jawa Tengah Akan Dilanda Cuaca Ekstrem 19-21 Mei 2022

Waspada, Jawa Tengah Akan Dilanda Cuaca Ekstrem 19-21 Mei 2022

Ilustrasi/ Cuaca Ekstrem-Pixabay-

CILACAP, DISWAY.ID-Masyarakat Jawa Tengah diimbau waspada cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi pada 19-21 Mei 2022.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat sirkulasi siklonik di perairan Barat Kalimantan Barat yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin atau konvergensi. 

Konvergensi memanjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat. 

Dia mengatakan daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari pesisir selatan Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Maluku dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik, dan di sepanjang daerah konvergensi serta anomali suhu muka laut di Samudra Hindia selatan Jawa, dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. 

"Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. Labilitas lokal kuat juga mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di Jawa Tengah," katanya. 

BACA JUGA:Suhu Panas dan Terik Hingga Pertengahan Mei, Ini Penjelasan BMKG

Berdasarkan kondisi tersebut kata dia, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada tanggal 19-21 Mei 2022 dapat terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah termasuk Jateng selatan dan pegunungan tengah Jateng.

Menurut dia, wilayah Jateng selatan dan pegunungan tengah Jateng yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem pada tanggal 19 Mei 2022 meliputi Kabupaten Kebumen, Purworejo dan Wonosobo. 

"Wilayah Jateng lainnya yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem pada tanggal 19 Mei terdiri atas Kabupaten Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Karanganyar, Kendal, Klaten, Kudus, Kabupaten/Kota Magelang, Pati, Rembang, Kabupaten Semarang, Sragen, Sukoharjo, Kota Surakarta, Temanggung, Wonogiri dan sekitarnya," kata Teguh.

Sementara pada 20 Mei 2022, kata dia, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Batang, Blora, Boyolali.

Kemudian, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kendal, Klaten, Kudus, Kabupaten/Kota Magelang, Pati, Kabupaten Pekalongan, Rembang, Kota Salatiga, Kabupaten/Kota Semarang, Sragen, Sukoharjo, Kota Surakarta, Temanggung, Wonogiri dan sekitarnya. 

BACA JUGA:BMKG Peringatkan Soal Adanya Siklon Tropis, Apa Itu?

Wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem pada 21 Mei 2022 meliputi Kabupaten Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Kabupaten/Kota Magelang, Pati, Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kabupaten/Kota Semarang, Sragen, Sukoharjo, Kota Surakarta, Kabupaten Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo dan sekitarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: