Dukung Jokowi Ekspor Minyak Goreng Lagi, Fadli Zon Desak Keras Mendag Lutfi Dipecat: Cari yang Kompeten!

Dukung Jokowi Ekspor Minyak Goreng Lagi, Fadli Zon Desak Keras Mendag Lutfi Dipecat: Cari yang Kompeten!

Fadli Zon puji Presiden Joko Widodo yang padamkan isu kelapa negara 3 periode beberapa waktu lalu. [email protected]

JAKARTA, DISWAY.ID - Anggota DPR RI, Fadli Zon tanggapi keputusan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali membuka ekspor minyak goreng mulai 23 Mei 2022 mendatang.

Tujuan Presiden Jokowi kembali berlakukan espor minyak goreng karena berdasarkan pengecekan langsung di lapangan dan laporan pasokan minyak goreng terus bertambah.

Menurut Presiden Jokowi, dampak dari pelarangan ekspor di bulan April, pasokan minyak goreng kini telah melonjak jadi 211.000 ton per bulan. 

Menanggapi keputusan Presiden Jokowi terkait minyak goreng, Fadli Zon pun mendukung penuh karena itu dianggap sudah sepantasnya.

BACA JUGA:Imbas Pembangunan Underpass Dewi Sartika Depok, 4 Titik Lalu Lintas Ini Mulai Direkayasa Sampai Akhir Tahun

"Akhirnya larangan ekspor CPO dicabut.  Sdh seharusnya," ujar Fadli Zon, dikutip dari Twitter @fadlizon, pada 20 Mei 2022.

Secara tak terduga, Fadli Zon juga menegaskan lebih baik Menteri Perdagangan, Muhamammad Lutfi lebih baik dipercat saja dan digantikan sosok yang lebih kompeten.

"Menteri Perdagangannya diganti saja, cari yg kompeten," ujar Fadli Zon.

BACA JUGA:Turki Kekeh Tolak Finlandia dan Swedia Gabung NATO, Erdogan: Kami Tak Menerima Negara Sponsor Teroris!

Sebelumnya, Pemerintah memastikan akan kembali membuka ekspor minyak goreng mulai Senin, 23 Mei 2022 mendatang. Keputusan tersebut diambil oleh Presiden Joko Widodo setelah melihat kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini, serta mempertimbangkan para tenaga kerja dan petani di industri sawit.

“Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga kerja di industri sawit, baik petani, pekerja, dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022,” ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 19 Mei 2022.

“Meskipun ekspor dibuka, pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan tetap terpenuhi dengan harga terjangkau,” imbuhnya.

BACA JUGA:Fabrizio Romano: Peluang MU Dapatkan Darwin Nunuz Cukup Kecil, Ini Alasannya

Menurut Presiden Jokowi, sejak kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng diterapkan, pemerintah terus memantau dan mendorong berbagai langkah untuk memastikan ketersediaan minyak goreng agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Berdasarkan pengecekan langsung Presiden di lapangan dan laporan yang diterimanya, pasokan minyak goreng terus bertambah.

Sumber: