Tesla Akan Bangun Pabrik di Batang Jawa Tengah Tahun Ini

Tesla Akan Bangun Pabrik di Batang Jawa Tengah Tahun Ini

Tesla Model Y 2021 Autoexpress.co.uk--

JAKARTA, DISWAY.ID-Perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat (AS) Tesla dikabarkan akan membangun pabrik di Indonesia, tepatnya di Batang, Jawa Tengah.

Indonesia dikabarkan akan menjadi negara keempat yang digunakan Tesla untuk lokasi pabrik. 

“Kabupaten Batang di Jawa Tengah akan jadi pusat kawasan Industri terbaik di Indonesia. Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar. Seperti LG, Foxconn, Tesla pun Insya Allah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain,” kata Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, pada Rabu 18 Mei 2022 lalu. 

Untuk di Indonesia, lanjut Bahlil, investasi pabrik Tesla akan dilakukan tahun ini. Kerja samanya menyangkut dua bidang. Yakni baterai dan mobil listrik.

BACA JUGA:Tesla Recall 130.000 Unit Mobil dari 4 Varian Gegara CPU Overheating

Menurutnya, lobi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat Tesla tertarik investasi di Indonesia, setelah sebelumnya tarik-ulur rencana pembangunan pabrik tersebut.  

“Dulu ketika Bapak Presiden memerintahkan kami dengan Menko Marves agar Tesla dan Foxconn masuk Indonesia. Karena dua perusahaan ini adalah perusahaan besar. Saya lobi ke Foxconn, Pak Luhut ke Tesla. Lobi ke Foxconn lolos. Tesla masih tarik ulur. Namun, berkat tangan dingin dan intuisi presiden, Tesla masuk ke Indonesia,” terangnya.

BACA JUGA:Daftar Pemasok Bahan Baterai EV Tesla, Tiongkok Terbanyak dan Indonesia Tidak Masuk Dalam List

Sejauh ini, Tesla memproduksi mobil-mobilnya di tiga negara yang mewakili tiga benua. 

Yaitu Amerika Serikat, China dan Jerman. Tak hanya mobil Tesla, pabrik tersebut memproduksi baterai lithium-ion, hingga supercharger.

Untuk pasar Indonesia, ada empat mobil Tesla yang sudah meluncur secara global. Beberapa importir umum menjual mobil Tesla mulai dari Model S, Model X, Model 3 dan Model Y. (fin/jpg)

Sumber: