Maluku Diterjang Angin Kecang, Pusdalops: 28 Rumah Rusak

Maluku Diterjang Angin Kecang, Pusdalops: 28 Rumah Rusak

Maluku Diterjang angin kecang, Pusdalops 28 rumah rusak. -BNPB -Disway.id

BURU, DISWAY.ID - Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan terdapat 28 rumah rusak usai diterjang angin kencang di Kabupaten Buru, Maluku yang hingga hari ini, Jumat 20 Mei 2022 terus dilakukan perbaikan. 

Kejadian ini berawal dari hujan deras mengguyur disertai angin yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIT.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buru segera melakukan kaji cepat dilapangan. Hasil pendataan sementara, terdapat 30 KK yang terdampak. Para warga yang terdampak yakni bermukim di Desa Namlea Ilath, Kecamatan Batabual.

BACA JUGA:Langkat Diterjang Angin Kencang 74 Rumah Rusak Berat

Dilaporkan saat ini terdapat 30 KK yang terpaksa mengungsi atas kejadian ini. Hal ini diakibatkan kerusakan yang terletak pada atap rumah. Hasil kaji cepat sementara mencatat, terdapat 13 unit rumah rusak sedang, 15 unit rumah rusak ringan dan 1 unit mesjid rusak ringan.

Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Buru, unsur TNI-Polri, Pemerintah Desa dan masyarakat melakukan koordinasi untuk mempercepat penanganan darurat dilokasi.

Selain itu, tim gabungan dan masyarakat setempat bergotong royong untuk melakukan pemotongan atau pembersihan pohon-pohon tumbang yang menghalangi ruas jalan.

Merujuk informasi BMKG mengenai informasi peringatan dini esok hari 21 Mei 2022 untuk wilayah Maluku, waspada hujan sedang hingga lebat di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

BACA JUGA:70 Bangunan Rusak Setelah Hujan Angin Kencang Terjang 6 Desa di Cirebon

Oleh karena itu, BNPB menghimbau masyarakat untuk melakukan mitigasi bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

"Pemangkasan ranting pohon yang rindang di ruas jalan utama juga dapat dilakukan serta menghindari bangunan yang tinggi, papan reklame dan tiang listrik untuk meminimalisir ancaman potensi bencana hidromeorologi yang dipicu faktor cuaca," jelas Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.


Maluku diterjang angin kecang, Pusdalops melaporkan 28 rumah rusak -BPBD Maluku -Disway.id

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: