Jose Ramos-Horta Dilantik sebagai Presiden Timor Leste Disambut Konser dan Kembang Api, Akan Fokus Kemiskinan

Jose Ramos-Horta Dilantik sebagai Presiden Timor Leste Disambut Konser dan Kembang Api, Akan Fokus Kemiskinan

Jose Ramos Horta dilantik sebagai Presiden Terpilih Timor Leste di Tasi-Tolu, Dili, pada Jumat 20 Mei 2022 dini hari bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Timor Leste.-istimewa-

DILI, DISWAY.ID-- Jose Ramos Horta dilantik sebagai Presiden Timor Leste pada Jumat 20 Mei 2022 dini hari waktu setempat dimeriahkan oleh konser dan pesta kembang api di Tasi-Tolu, Dili.

Pelantikan Ramos Horta sengaja dilakukan pada 20 Mei bersamaan dengan perayaan tahunan Restorasi Kemerdekaan Timor Leste.

Prosesi Ramos Horta dilantik sebagai Presiden Timor Leste mulai berlangsung pada Kamis 19 Mei 2022 sekitar pukul 22.30 yang dihadiri oleh tamu kehormatan dari sejumlah negara sahabat.

BACA JUGA:Ratusan Ton Minyak Goreng Akan Diselundupkan ke Timor Leste Berhasil Digagalkan, Kecolongan 3 Konteiner

Tampak di antara tamu kehormatan adalah perwakilan Indonesia, Menkopolhukam Prof Mahfud MD dan Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa.

Dalam pemilihan Presiden Timor Leste kali ini, Ramos Horta meraih 62 persen suara mengungguli petahana Fransico Guterres dengan perolehan yang hanya mendapat 37 persen suara pada pemilihan April 2022.

Jumlah penduduk Timor Leste sendiri saat ini mencapai 1,3 juta orang. Ramos Horta akan resmi menjalani tugas sebagai Presiden pada 20 Mei 2022.

BACA JUGA:8 Kontainer Minyak Goreng Siap Ekspor Gagal Diselundupkan ke Timor Leste

Pelantikan Ramos Horta ditandai dengan pengambilan sumpah presiden dan penandatanganan resmi bersama Ketua Parlemen Nasional Timor Leste di hadapan anggota parlemen.

Dalam pidatonya Ramos Horta akan fokus pada program malnutrisi pada anak dan penanganan kemiskinan ekstrim serta masalah sosial lainnya.

Presiden Timor Leste Terpilih itu juga akan melindungi kebebasan berpikir, kebebasan berekspesi dan berpendapat.

Rangkaian acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Fransico Guterres yang diberikan langsung oleh presiden terpilih.

Ramos Horta Ingin Perkuat Hubungan dengan Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebelumnya, Kamis 19 Mei 2022 sempat bertemu Presiden Timor Leste terpilih, Jose Ramos Horta di Timor Leste.

Sumber: