Flyover Kopo Bandung Dibuka Ujicoba Selama Sepekan

Flyover Kopo Bandung Dibuka Ujicoba Selama Sepekan

Flyover Kopo Bandung mulai dibuka sebagai ujicoba selama satu pekan mulai 19 Mei 2022.--Instagram/@pupr_jalan_dkijabar

BANDUNG, DISWAY.ID-Flyover atau jembatan layang Kopo di Jalan Bypass Soekarno Hatta mulai diujicoba dilintasi kendaaraan, terhitung sejak Kamis 19 Mei 2022 hingga satu pekan ke depan.

“Itu (flyover) dalam rangka ujicoba satu pekan dari Polsek Bojongloa Kidul,” ucap Kabid Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Asep Kuswara dikonfirmasi, Jumat 20 Mei 2022.

Asep mengatakan, ujicoba flyover Kopo ini dilintasi kendaraan untuk dua arah yaitu kendaraan dari arah timur seperti dari Cibiru menuju ke Bandung atau Cimahi dan sebaliknya. 

“Dua arah (uji cobanya),” katanya. Menurut Asep, uji coba flyover Kopo hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu dan tidak setiap hari.

BACA JUGA:Rs. Hasan Sadikin Bandung Diduga Lalaikan Pasien Hingga Meninggal, Netizen: Izin Pak Kemenkes Tolong Ditindak

Asep menjelaskan, ujicoba dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi friksi antara ban dengan jalan. Termasuk apabila kendaraan tengah berjalan menurun dari flyover mengalami kendala. 

“Ujicoba dalam rangka satu, apakah fungsi antara ban dengan jalan bagaimana. Dua, bilamana ada turunan ada kendala enggak,” jelasnya.

Asep menambahkan pembangunan Flyover Kopo sudah mencapai 90 persen dan hanya tersisa pemasangan penerangan jalan umum dan rambu-rambu.

Sebelumnya, Flyover Kopo sempat diwacanakan dapat dipakai pada momen Lebaran 1443 Hijriah kemarin.

BACA JUGA:Mulyadi Pembunuh Janda di Bandung Gantung Diri di Pohon Petai, Polisi Menduga Soal Ini!

Namun, perkiraan tersebut meleset sebab masih terdapat proses pembangunan yang masih dikerjakan oleh pengembang. 

Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap keberadaan Flyover Kopo dapat mengurangi kemacetan yang selama ini terjadi di Jalan Bypass Soekarno-Hatta. Selain Flyover Kopo, Pemkot Bandung juga tengah merencanakan pembangunan Flyover di Kiaracondong. (mcr27/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: