Ancaman Kanker Prostat Tidak Main-main? Segera Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Terhindar

Ancaman Kanker Prostat Tidak Main-main? Segera Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Terhindar

Ancaman Kanker Prostat Tidak Main-main? Segera Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Terhindar--Freepik/jcomp

JAKARTA, DISWAY.ID - Anda harus waspada, beberapa ahli percaya makanan tinggi lemak dan tinggi gula dapat berkontribusi pada peningkatan tingkat kanker prostat.

Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat, dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. 

kanker prostat muncul karena adanya mutasi atau perubahan genetik pada sel-sel di kelenjar prostat. Namun, penyebab mutasi itu sendiri belum diketahui secara pasti. 

Sebagian besar penderita kanker prostat berusia di atas 65 tahun. Kanker ini tidak bersifat agresif dan berkembang secara perlahan.

BACA JUGA:Ribuan Guru Honorer Lulus PG PPPK Mantap Demo 23 Mei

Maka dari itu anda harus berhati-hati dan mulai memperhatikan pola makan anda agar anda tidak mengalami kanker prostat.

Dikutip dari laman Healthline, berikut adalah sejumlah makanan yang dipercaya bisa menjaga kesehatan prostat dan rajinlah mengonsumsi makanan yang direkomendasikan.

1. Tomat

Buah-buahan dan sayuran tertentu, termasuk tomat, mengandung antioksidan kuat yang disebut likopen. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi likopen dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker prostat.

BACA JUGA:Gegara Polisi Tertembak di Bokong Saat Grebek Bandar Narkoba, 2 Tersangka Melarikan diri

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaatnya. Namun dalam tinjauan terhadap 24 penelitian, menurut para peneliti, pria yang makan lebih banyak tomat lebih kecil kemungkinannya terkena kanker prostat.

Likopen dapat menurunkan kerusakan sel dan memperlambat produksi sel kanker. Ini adalah antioksidan yang berarti melindungi sel dari kerusakan.

Karena likopen terikat erat pada dinding sel tomat mentah, tubuh Anda kesulitan mengekstraknya. Produk tomat yang dimasak atau dihaluskan mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

BACA JUGA:Terjun ke MotoGP, MS Glow for Men Sponsori Gresini Racing, Juragan 99: Harumkan Indonesia

Sumber: