Pelantikan Pengurus IKA UII Jatim, Ketua Mahkamah Agung Bahas Masa Depan Hukum di Indonesia

Pelantikan Pengurus IKA UII Jatim, Ketua Mahkamah Agung Bahas Masa Depan Hukum di Indonesia

Ketua Mahkamah Agung M. Syarifuddin (tengah) bersama Menko Polhukam Mahfud MD (kanan), dan Sekjen DPP IKA UII Ari Yusuf Amir. -IKA UII-

SURABAYA, DISWAY.ID -- Tantangan hukum di Indonesia semakin besar di era digital dan media sosial. Mahkamah Agung (MA) juga harus terus beradaptasi dengan perubahan zaman dengan tetap menegakkan supremasi hukum. Ketua MA Prof Dr Muhammad Syarifuddin membahas hal tersebut di Surabaya, Sabtu, 21 Mei 2022. 

Syarifuddin menjadi pembicara kunci Seminar Nasional bertema Masa Depan Penegakan Hukum di Indonesia yang diadakan DPW Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) Jawa Timur di Dyandra Convention Center, Surabaya. Ketua Umum DPP IKA UII itu juga sekaligus melantik pengurus DPW IKA UII Jawa Timur. 

"Harapan kami ketua MA bisa menyampaikan optimismenya tentang masa depan hukum di Indonesia," ujar Siti Marwiyah, ketua DPW IKA UII Jawa Timur. 


Ketua DPW IKA UII Jatim Siti Marwiyah-Unitomo-

Siti yang juga rektor Universitas dr Soetomo Surabaya itu menyampaikan, meskipun yang dibahas hukum, seminar tersebut juga menghadirkan perspektif ekonomi dan komunikasi. Oleh karena itu dihadirkan Staf Ahli Menteri Keuangan Dr Halim Alamsyah dan Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga Henri Subiakto. Satu lagi pembicara adalah pengacara top Dr Ari Yusuf Amir. "Semuanya adalah alumni Universitas Islam Indonesia" kata Siti yang juga adik kandung Menko Polhukam Moh. Mahfud MD itu. 

Sebelum seminar, akan digelar pelantikan pengurus DPW IKA UII Jawa Timur periode 2022-2027. Siti Marwiyah baru saja terpilih menjadi ketua IKA UII Jatim menggantikan HM Tasrifin. 

Di jajaran pengurus juga ada Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono yang menjabat sebagai ketua Dewan Penasihat. Juga Ketua Tim Penggerak PKK Ngawi Ana Mursyida Ony Anwar yang menjabat sebagai wakil ketua. Di acara tersebut, Ony Anwar menjadi ketua panitia. 


Ony Anwar Harsono-Pemkab Ngawi-

"Selain pelantikan dan seminar nasional, acara ini sekaligus halal bihalal dan reuni," kata Ony yang merupakan alumnus jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII itu.

UII Yogyakarta merupakan perguruan tinggi tertua di Indonesia yang didirikan oleh Proklamator Mohammad Hatta dan sejumlah tokoh yakni Mohammad Natsir, Mohamad Roem, dan KH Wahid Hasjim. Alumni UII juga banyak menjadi tokoh publik. Selain Ketua MA Muhammad Syarifuddin, juga ada Menko Polhukam Mahfud MD. Hakim Agung legendaris Almarhum Artidjo Alkostar juga alumnus UII.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: