Sampah Berserakan Usai Demo GEBRAK, Warga Geram Hingga DLH Gambir Kerahkan 50 Petugas Kebersihan

Sampah Berserakan Usai Demo GEBRAK, Warga Geram Hingga DLH Gambir Kerahkan 50 Petugas Kebersihan

Sampah berserakan usai aksi demo GEBRAK di sekitar Gambir, Sabtu 21 Mei 2022-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Sejumlah elemen yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Masyarakat alias GEBRAK membubarkan diri usai melakukan aksi di Bundaran Patung Kuda Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu 21 Mei 2022.

Pembubaran diri GEBRAK ini dilakukan setelah mereka menyampaikan sejumlah tuntutannya terkait kekecewaan mereka terhadap Presiden Joko Widodo - Ma'ruf Amin yang belum bisa mensejahterahkan rakyatnya. 

Tetapi usai dari pembubaran massa, ada pemandangan yang membuat masyarakat geram, yaitu sampah.

BACA JUGA:Prediksi Liverpool vs Wolverhampton, Laga Syarat Ambisi!

"Menurut saya sampahnya mengganggu banget ya, bikin rusak pemandangan," ucap Lita yang saat itu sedang melihat aksi unjuk rasa. 

Dari pantauan Disway.id, usai pemburan aksi unjuk rasa dari GEBRAK, tampak banyak sekali sampah yang berserakan. Mulai dari sampah plastik hingga kertas.

Taburan sampah ini terlihat sangat banyak dan berasal dari para pendemo yang masih kurang bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan. 

"Ini sangat banyak sekali. Karena pendemonya banyak, maka sampahnya juga ikutan banyak. Biasanya tidak sebanyak ini," ungkap Operasional Lingkungan Hidup Kecamatan Gambir, Nemit Harjayadi saat dikonfirmasi.

BACA JUGA:Awas Blunder, Masyarakat Mulai Berani Lepas Masker di Mall, Dinkes: Masih Pandemi Bukan Endemik

Akibat banyaknya tumpukan sampah, petugas pun akhirnya melakukan pembersihan sampah-sampah yang berserakan di jalan, terutama di trotoar yang banyak sekali tumpukan sampah plastik. 

Nemit mengatakan, usai pendemo membubarkan diri, petugas langsung bergerak cepat untuk membersihkan sampah-sampah tersebut. 


Petugas kebersihan lakukan sterilisasi sampah-sampah usai aksi demo GEBRAK, Sabtu 21 Mei 2022-Intan Afrida Rafni-

Adapun petugas yang diturunkan untuk membersihkan sampah yaitu sebanyak 50 petugas, satu unit armada kebersihan, dan dua mobil.

"Saya mengerahkan sebanyak 50 orang, satu unit truk kebersihan, dan dua mobil kecil," ujar Nemit kepada Disway.id.

Sumber: