Vladimir Putin Selamat dari Pembunuhan, Usaha Pertama Sejak Penyerangan Ukraina

Vladimir Putin Selamat dari Pembunuhan, Usaha Pertama Sejak Penyerangan Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin-rt-

JAKARTA, DISWAY.ID – Kepala Direktorat Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina, Kyrylo Budanov mengungkapkan bahwa Vladimir Putin selamat dari pembunuhan.

“Peristiwa percobaan pembunuhan presiden Russia tersebut terjadi dua bulan lalu,” jelas Budanev.

Budanev juga mengatakan bahwa Vladimir Putin selamat dari pembunuhan yang dilakukan oleh salah satu dari Kaukasus.

BACA JUGA:Pernyataan UAS Dibalas Menteri Dalam Negeri Singapura, Ini Isi Vidio Penegasannya

Kaukasus merupakan sebuah wilayah mencakup Armenia, Azerbaijan, Georgia dan bagian selatan Rusia.

Masih dengan Budanov, upaya tersebut sama sekali tidak berhasil, tetapi itu benar-benar terjadi, sekitar 2 bulan yang lalu.

“Saya ulangi, upaya ini tidak berhasil. Tidak ada publisitas tentang acara ini, tapi itu terjadi dan Vladimir Putin selamat dari pembunuhan,” tegas Budanov.

Dilansir dari dailymail.co.uk, jika benar terjadi, usaha pembunuhan Putin tersebut merupakan satu-satunya upaya yang diketahui untuk membunuh Presiden Rusia tersebut sejak Rusia melancarkan serangan habis-habisan melawan Ukraina pada 24 Februari lalu.

BACA JUGA:Harley Davidson Hentikan Semua Produksi Sepeda Motornya Termasuk Pengiriman Keseluruh Dunia

Budanov tidak secara langsung menghubungkan upaya pembunuhan dengan perang Ukraina, di mana Putin memiliki sejumlah musuh di wilayah tersebut dari konflik sebelumnya.

Putin memberi perintah kepada Rusia untuk menyerang Georgia pada tahun 2008 dan perang tersebut berakhir tanpa kejelasan.

Situasi keamanan diwilayah tersebut juga menjadi tidak stabil dalam beberapa tahun terakhir akibat pertempuran antara Armenia selaku sekutu dekat Rusia dan Azerbaijan yang termasuk perang atas wilayah Nagorno Karabakh yang dimulai sejak tahun 2020.

Permusuhan di sepanjang perbatasan tersebut telah meningkat pada awal tahun 2022, tepat sebelum Putin memerintahkan invasi ke Ukraina pada akhir Februari.

BACA JUGA:Layangan Putus Versi Polda Metro Jaya, Polisi Beberkan Nasib Suami Isty dan Selingkuhannya

Sumber: