Mobil Multiguna Karya Anak Negeri Tampil di Rumah Resiliensi Indonesia

Mobil Multiguna Karya Anak Negeri Tampil di Rumah Resiliensi Indonesia

Dua mobil bernama Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) Penjernih Air dan AMMDes Ambulance Feeder,besutan Kreasi Mandiri Wintor (KMW) Indonesia ini benar-benar dibuat oleh tangan-tangan terampil anak-anak Indonesia dari pabrik pembuatannya di Citeureup-BNPB -Disway.id

BADUNG, DISWAY.ID - Mobil multiguna pedesaan karya anak negeri ikut tampil di panggung Rumah Resiliensi Indonesia (RRI) dengan menghadirkan dua unit mobil jenis ambulance dan penjernih air.

Dua mobil bernama Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) Penjernih Air dan AMMDes Ambulance Feeder,besutan Kreasi Mandiri Wintor (KMW) Indonesia ini benar-benar dibuat oleh tangan-tangan terampil anak-anak Indonesia dari pabrik pembuatannya di Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Mobil dengan kapasitas dua orang penumpang ini dibekali dengan mesin diesel 650cc, kekuatan 14 tenaga kuda (horse power), berbahan bakar solar dengan konsumsi bahan bakar 1 liter untuk pemakaian selama 2 jam.

BACA JUGA:Banjir Lebih dari Satu Meter Kepung Belasan Desa di Kabupaten Malinau

Dari segi fungsi dan kegunaan, mobil AMMDes Penjernih Air ini mampu menjernihkan air yang bersumber dari sungai, sumur atau danau. Adapun kapasitas kemampuan, mobil ini dapat menjernihkan air hingga 600 liter per jam untuk air bersih dan 280 liter per jam untuk air minum layak konsumsi.

Di samping berfungsi sebagai penjernih air, mobil ini juga dapat berfungsi sebagai genset pembangkit listrik dengan daya hingga 800 watt. Ketika mesin dihidupkan, maka alat penjernih air dan genset pembangkit listrik bekerja secara bersamaan.

Selanjutnya untuk Mobil AMMDes Ambulance Feeder memiliki fungsi dan peran penting dalam kedaruratan di wilayah pedesaan atau lokasi tertentu. Dari segi mesin, mobil ini memiliki spesifikasi yang sama dengan AMMDes Penjernih Air.

Bicara mengenai fungsi dan kegunaan, mobil AMMDes Ambulance Feeder atau ambulance pengumpan ini memiliki peran utama yakni mengangkut kelompok rentan atau terdampak bencana dari desa yang sulit diakses menuju fasilitas kesehatan terdekat.

BACA JUGA:Banjir Rob Rendam Teluk Betung Barat, Aktivitas Warga Lumpuh

Mobil ambulance pengumpan ini juga dilengkapi dengan tandu roda, oksigen, kursi bidan desa untuk dua orang penumpang, box bayi, lampu penghangat bayi, intercom untuk komunikasi dengan sopir, kipas angin sirkulasi dan lampu penerangan khusus.

Debut di Gempa Palu, Sigi dan Donggala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: