3 Hal Ini Penting Diperhatikan Jemaah Haji Indonesia Jelang Keberangkatan

3 Hal Ini Penting Diperhatikan Jemaah Haji Indonesia Jelang Keberangkatan

Pengecekan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.-kemenag RI---

JAKARTA, DISWAY.ID-- Setidaknya 3 hal ini penting diperhatikan jemaah haji Indonesia jelang keberangkatan ke Arab Saudi pada musim haji 1443 H/2022 M.

Di mana, persiapan telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia yang rencananya akan memulai pemberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji pada 4 Juni 2022. 

Jelang masa pemberangkatan jemaah, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengingatkan 3 hal penting yang harus diperhatikan jemaah haji tersebut.

BACA JUGA:Menag Bawa Kabar yang Bikin Calon Jemaah Haji Bisa Tidur Nyenyak

Ketiga hal penting itu disampaikan Hilman setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, usai mendampingi lawatan Menag Yaqut Cholil Qoumas ke Arab Saudi untuk menilik kesiapan layanan haji. 

Pertama, Hilman mengingatkan pentingnya sikap disiplin dari semua jemaah untuk mematuhi protokol yang telah ditetapkan.

"Karena saat ini konteksnya masih pandemi, meskipun sudah banyak kelonggaran," papar Hilman.

Kedua, lengkapi seluruh persyaratan jemaah haji.

"Tentu saja persyaratan-persyaratan yang diminta, segera dipenuhi, seperti vaksin, PCR dan seterusnya. Karena, waktunya juga sudah semakin dekat," ujar Hilman. 

BACA JUGA:Kasus Cek Cok Pengemudi Pajero di Tol Tomang Tidak Berlanjut Proses Penyelidikan, Begini Kata Polda Metro Jaya

Ketiga, Hilman menuturkan, pihaknya akan akan memberikan imbauan kepada para pembimbing ibadah haji untuk tertib mengatur pergerakan jemaah selama musim haji. 

"Kami juga akan memberikan imbauan kepada para pembimbing ibadah haji untuk betul-betul dapat mengatur jemaah dalam beribadah," tutur Hilman. 

"Jangan sampai terlalu lelah, karena musim haji kali ini insyaAllah semakin dekat dan situasinya agak berat seperti yang tadi disampaikan oleh Pak Menteri," imbuhnya. 

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau jemaah untuk memperhatikan kondisi fisik dan kesehatannya.

Sumber: