Bagaimana Cara Menghindari Penularan Cacar Monyet? Catat WHO Berikan Tips Ampuhnya

Bagaimana Cara Menghindari Penularan Cacar Monyet? Catat WHO Berikan Tips Ampuhnya

Penyakit cacar monyet yang saat ini menyebar di sejumlah negara-pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID - 11 negara di dunia kabarnya telah melaporkan kasus cacar monyet (monkeypox).

Namun anda jangan khawatir, pasalnya seseorang dapat mengurangi risiko tertular dengan membatasi kontak dengan orang yang lebih dulu tertular.

Mengenai hal itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, jika memang perlu melakukan kontak fisik alangkah baiknya orang yang terinfeksi menutupi setiap lesi (luka) kulit mereka. 

Ketika secara fisik harus dekat dengan penderita, mereka harus memakai masker medis, terutama jika batuk atau memiliki luka di mulutnya.

BACA JUGA:Jangan Tertipu! Pelat Putih Untuk Semua Kendaraan Tak Tersedia Secara Online

"Anda harus memakai satu masker juga. Hindari kontak kulit ke kulit bila memungkinkan dan gunakan sarung tangan sekali pakai jika Anda memiliki kontak langsung dengan lesi," demikian laporan WHO seperti dilansir dari laman One India via PMJ NEWS, 24 Mei 2022.

"Kenakan masker saat menangani pakaian atau tempat tidur apa pun jika orang tersebut tidak dapat melakukannya sendiri," sambungnya.

Selanjutnya, bersihkan tangan secara teratur dengan sabun dan air atau pembersih tangan berbasis alkohol, terutama setelah kontak dengan orang yang terinfeksi.

BACA JUGA:SMPN 16 Jakarta Buka Posko Pelayanan PPDB 2022, Orang Tua Siswa Silakan Datang

Hal serupa juga harus dilakukan jika menyentuh pakaian mereka, seprai, handuk, dan barang atau permukaan lain yang telah disentuh atau bahkan telah bersentuhan dengan mereka langsung.

Gunakan alat makan yang berbeda. Cuci pakaian orang tersebut, handuk dan seprai dan peralatan makan dengan air hangat serta deterjen. 

Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang terkontaminasi dan buang limbah yang sudah terkontaminasi dengan tepat.

Sebelumnya, cacar monyet atau monkeypox yang menyebar di negara Eropa seperti Inggris, Portugal dan Spanyol mulai membuat resah penduduk dunia.

Para ahli kini tengah berlomba-lomba untuk melakukan riset laboratorium untuk mengidentifikasi seberapa bahayanya virus monkeypox atau cacar monyet ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: