Cuaca Panas 3,5 Hektare Lahan Perkebunan Rakyat di Singkawang Terbakar

Cuaca Panas 3,5 Hektare Lahan Perkebunan Rakyat di Singkawang Terbakar

Ilustrasi: Kebakaran hutan-Pixabay/@pixundfertig-Disway.id

SINGKAWANG, DISWAY.ID - Lahan seluas 3,5 hektare di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kalimantan Barat terbakar. Peristiwa ini dipicu cuaca panas.

Londisi lahan yang terbakar masih menyisakan titik api yang besar. Tim pemadam dibantu anggota Polsek Singkawang Selatan.

Peristiwa ini pun sudah dilaporkan ke Kantor Manggala Agni Kalimantan IX/Singkawang untuk terus dilakukan pemadaman. Namun jika kondisi tidak memungkinkan akan dilanjutkan esok hari.

BACA JUGA:5 Hektar Lahan di Kalimantan Tengah Kebakaran 

Kepala Manggala Agni Kalimantan IX/Singkawang, Yuyu Wahyudin mengatatakan kebakaran lahan di Kelurahan Sedau sudah terjadi sejak Senin 23 Mei 2022 hingga sekarang. 

“Kebakaran pun meluas hingga ke Kelurahan Bukit Batu, Kecamatan Singkawang Tengah,” kata Yuyu Wahyudin, Selasa 24 Mei 2022.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran yang melahap lahan milik masyarakat itu. Namun cuaca panas sejauh ditengarai sebagai penyebab.

BACA JUGA:Kebakaran Terjadi di Jalan Raya Bogor, 3 Kios Dilaporkan Hangus

“Yang baru dipadamkan sekitar 0.3 hektare masih jauh dari luas lahan keseluruhan yang terbakar,” kata Yuy seraya menyebut pemadaman menggunakan mesin pompa Max3 dengan pola dua, dikarenakan api lahan yang terbakar terhitung luas dan sumber air yang tersedia sangat minim.

 

 

Sumber: