Dua Tahun Terbengkalai Akibat Pandemi, Bagaimana Kondisi Asrama Haji Kota Bekasi Sekarang?

Dua Tahun Terbengkalai Akibat Pandemi, Bagaimana Kondisi Asrama Haji Kota Bekasi Sekarang?

Pemeriksaan kamar jamah menjelang perhelatan ibadah haji 2022-Istimewa-fin

JAKARTA, DISWAY.ID - Sudah dua tahun perhelatan ibadah haji tidak di selenggarakan, pada tahun 2022 ini kebrangkatan ibadah akan kembali di berangkatkan ke tanah suci mekah.

Mengutip dari fin.co.id, kondisi Asrama Haji Kota Bekasi yang berlokasi di Jalan Kemakmuran No. 72 RT 005/RW 002 Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi yang sudah dua tahun tidak digunakan akibat Pandemi Covid-19.

Menurut pantauan langsung di lokasi, nampak beberapa petugas sedang melakukan perbaikan dari segi kamar, lingkungan serta fasilitas asrama yang dua tahun belakangan tidak digunakan.

BACA JUGA:5 Tips yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Produk Smart Home

Saat dikonfirmasi Pranata Humas Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Fitsa Baharudin mengungkapkan saat ini pihaknya tengah melakukanvpersiapan guna menampung jamaah haji tahun 2022 ini.

"Yang jelas kami sudah persiapkan sejak awal tahun, karena kita kemarin kan juga sudah mempersiapkan untuk umroh jadi saat ini persiapan perwatan rutin saja," ungkap Fitsa Baharudin  di Lokasi, ditulis Rabu 25 Mei 2022.

Ketika mengunjungi lokasi, ada beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki di lingkungan asrama diantaranya seperti Air Conditioner (AC) dan keran air yang sudah lama tidak digunakan.

Menurut Fitsa Baharudin saat ini pihaknya tengah memperbaiki fasilitas tersebut, ia pun menargetkan perbaikan bisa selesai sebelum jadwal yang sudah di tentukan.

"Pada prinsipnya ya kita sudah melakukan perawatan dan perbaikan rutin kecil kecil lah, seperti perbaikan keran dan kelengkapan kamar, tidak terlalu signifikan apa yang harus kita perbaiki rubah," jelasnya.

Nantinya Asrama Haji Kota Bekasi direncanakan menampung sebanyak 17.566 jamaah dari wilayah Jawa Barat dan ditambah 176 petugas kloter serta 113 petugas haji daerah.

BACA JUGA:BMKG Sebut Bencana Banjir Rob di Semarang Disebabkan Fenomena Perigee, Apa Itu?

"Nanti jamaah haji itu masuk pertama kali ke asrama tanggal 3 Juni 2022, kemudian akhir pemberangkatan tanggal 2 Juli 2022, dan untuk pemulangan itu di awali tanggal 15 Juli 2022 dan diakhiri pada tanggal 13 Agustus 2022," tuturnya.

Fitsa Baharudin juga menerangka saat ini Asrama Haji Kota Bekasi juga tengah melakukan persiapan dari segi kesehatan diantarannya area kamar klinik dan apotik, lalu area dapur yang dapat menyediakan 2000 porsi makan dan area X Ray guna pemeriksaan dan pengiriman barang bawaan jamaah haji yang akan berangkat dan saat kembali ke Bekasi.

Reporter : Tuahta Simanjuntak

Sumber: