Dengan 'Cermat SIM', Kini Ujian Praktik SIM Lebih Mudah, Nggak Bikin Tegang Lagi

Dengan 'Cermat SIM', Kini Ujian Praktik SIM Lebih Mudah, Nggak Bikin Tegang Lagi

Korlantas Polri terus meningkatkan pelayanan dan metode baru bikin SIM yang makin mudah, jika ketahuan pakai calo maka akan ditindak tegas.-Ntmcpolri-

NGANJUK, DISWAY.ID -- Ujian praktik SIM baru biasanya selalu menegangkan dan tak mudah untuk lulus ujian. Namun dengan program "Cermat SIM", diklaim lebih mudah.

Adalah Satlantas Polres Nganjuk yang membuat inovasi terbaru, memperkenalkan program Cermat (Cerdas Mahir Ujian Teori dan Praktik) SIM.

Warga Nganjuk yang ingin membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) tak perlu lagi cemas dengan uji praktik yang biasanya jadi momok menakutkan.

BACA JUGA:Keris Unik Asli Madura Jadi Suvenir Event G20, Biasa Buat Ritual Ziarah Kubur?

Menurut Kasatlantas Polres Nganjuk AKP Indra Budi Wibowo, tingkat kelulusan peserta Cermat SIM yang diterapkan jajarannya dalam ujian SIM bahkan mencapai 82,08 persen.

“Program Cermat SIM ini untuk memudahkan masyarakat yang ingin meningkatkan pengetahuan serta kompetensi mengendarai kendaraan sebelum mengikuti ujian teori dan praktik SIM.

"Persentase kelulusan program ini mencapai 82,08 persen. Artinya, setidaknya delapan dari tiap 10 peserta Cermat SIM lulus ujian SIM,” kata AKP Indra, Selasa (24/5/2022).

Cermat SIM Satpas Polres Nganjuk merupakan pengembangan dari program LUPS (Les Uji Praktik SIM).

BACA JUGA:21 Orang Tewas dalam Data Terbaru Penembakan Brutal di SD Robb, Pelaku Awali Tembak Mati Neneknya

AKP Indra menyebut, dalam program Cermat SIM masyarakat pemohon SIM tak perlu jauh-jauh datang ke Satpas Polres Nganjuk untuk berlatih teori maupun praktik berkendara.

Sebab Cermat SIM ini bisa melakukan dan dipraktekan di berbagai lapangan latihan uji praktik SIM yang dibangun Polres Nganjuk.

“Saat ini sudah ada 10 lapangan latihan uji praktik yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan berkendara sebelum mengikuti ujian SIM.

"Ke depan, kami ingin agar masing-masing dari 20 kecamatan yang ada di Nganjuk ini memiliki setidaknya satu lapangan latihan,” ucap AKP Indra.

BACA JUGA:Jelang KTT G20 di Bali, Korlantas Polri Siapkan Rekayasa Jalan Contraflow Hingga 3 Km

Sumber: