Kenapa Sepeda Motor yang Dipasang Alat Nikuba Tetap Diisi BBM, Aryanto Misel Beri Penjelasan Begini

Kenapa Sepeda Motor yang Dipasang Alat Nikuba Tetap Diisi BBM, Aryanto Misel Beri Penjelasan Begini

Pakar ITB Klaim Nikuba Alat Bahan Bakar Palsu--

JAKARTA, DISWAY.ID -- Alat Niku Banyu alias Nikuba menjadi buah bibir dalam beberapa pekan terakhir. Masih banyak orang yang tak percaya jika alat ini bekerja secara 100 persen.

Aryanto Misel adalah pria asal Kabupaten Cirebon yang menemukan sekaligus perancang alat cukup fenomenal ini.

Nikuba diklaim dapat mengubah air menjadi hidrogen sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar tanpa minyak pada kendaraan.

BACA JUGA:4 Perampok Toko Perhiasan Dihajar Karyawan, Satu Dihantam Pakai Kursi

Reporter Kompas TV Aiman Witjaksono dalam tayangan terbarunya; Yakin Air Jadi Bensin? - AIMAN di chanel YouTube KompasTV, Selasa 24 Mei 2022 malam, mencoba mengulik fenomena nikuba belakangan ini.

Aiman mendatangi langsung kediaman Aryanto Misel di sebuah Desa di Kabupaten Cirebon. Saat tiba di rumah Aryanto, Aiman mendapat sambutan hangat.

Setelah diizinkan masuk, ia langsung mendapati sepeda motor milik dua orang prajurit TNI yang sudah dipasangkan alat Nikuba.

Dalam penjelasannya, Aryanto Misel bilang bahwa alat Nikuba ini membutuhkan katalis yang berguna untuk memecah atau memisahkan H2o menjadi bahan bakar hidrogen.

BACA JUGA:19 Cabang Olahraga Siap Diikuti Tangsel dalam POPDA Banten 2022

"Ini juga berkat katalis. Katalisnya bukan bukan pada umumnya orang pakai. Jadi saya membuat katalisnya, katalis sendiri.Katalis itu untuk memudahkan dan memecah H2o tadi. Ada prosesnya," terang Aryanto.

Selain itu, air yang digunakan untuk bahan bakar pada alat Nikuba ini bukan air sembarangan.

Ia menjelaskan, air yang digunakan harus terbebas dari kandungan logam berat. Jadi memang bukan 100 persen air biasa atau air dari sumur langsung dapat digunakan.

"Air itu, harus air yang sudah terbebas dari kandungan logam," ujar Aryanto.

BACA JUGA:Jokowi Hanya Dengarkan Usulan Fakhri Husaini, Tapi Sampai Sekarang Tidak Mengerjakannya

Sumber: