Awas Ini Ancaman Beli Pelat Nomor Putih Secara Online, Ingat Jangan Sampai Melanggar!

Awas Ini Ancaman Beli Pelat Nomor Putih Secara Online, Ingat Jangan Sampai Melanggar!

Peralihan pelat hitam ke putih tidak dipungut biaya alias gratis--Korlantas Polri

JAKARTA, DISWAY.ID - Masyarakat diingatkan agar tidak menggunakan pelat nomor kendaraan warna putih palsu secara online.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menegaskan agar seluruh masyarakat untuk menggunakan pelat nomor kendaraan warna putih secara resmi.

Aturan terkait penggunaan pelat nomor kendaraan resmi berwarna putih ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Jangan sampai masyarakat beli di online  karena tidak sesuai dengan spesifikasinya. Karena bisa ditilang, ditindak sesuai aturan," ujar Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus, Rabu 25 Mei 2022, dikutip dari PMJ NEWS.

BACA JUGA:Mesut Ozil Cicipi Rendang dan Gado-gado di Jakarta, Bakal Jadi Makanan Favorit Nih

Untuk sementara ini, penggunaan pelat nomor putih akan  dilakukan secara bertahap khususnya pada kendaraan baru.

"Misalnya bulan depan beli kendaraan baru, sudah pakai pelat putih. Motor mati tahun 2025, baru pakai pelat putih. Jadi enggak usah bernafsu," bebernya.

Diberitakan sebelumnya, Korlantas Polri menargetkan keseluruhan kendaraan telah menggunakan pelat nomor warna putih pada tahun 2027 mendatang. Nantinya, perubahan pelat nomor itu mulai dilakukan pada tahun ini.

BACA JUGA:Kenapa Sepeda Motor yang Dipasang Alat Nikuba Tetap Diisi BBM, Aryanto Misel Beri Penjelasan Begini

"Tahun 2027 sudah lengkap, semuanya sudah putih. Karena kan sudah lima tahun," tutur Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus kepada awak media, Minggu 22 Mei 2022.

Adapun dalam kurun waktu lima tahun itu, Yusri mengungkapkan, ada beberapa kendaraan prioritas yang bisa mengganti pelat hitam menjadi putih. 

Yaitu, kendaraan baru yang sudah memasuki pembayaran pajak lima tahunan dan kendaraan yang dimutasi atau berpindah daerah

BACA JUGA:Pendeta Ini Mendadak Doakan UAS agar Dilindungi Tuhan Yesus? Meski Beda Agama...

Polisi JUGA memastikan bahwa proses perlatihan pelat hitam ke putih tidak dipungut biaya alias gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait