22 Keluarga Ikut Ngaben Massal Masyarakat Hindu Bali Bengkulu Utara

22 Keluarga Ikut Ngaben Massal Masyarakat Hindu Bali Bengkulu Utara

Warga Hindu Bali di BU melakukan ritual persiapan upacara Ngaben massal, Selasa 24 Mei 2022--Rakyat Bengkulu

BENGKULU, DISWAY.ID-Masyarakat Hindu Bali yang tergabung dalam Parisada Hindu Bali Indonesia (PHDI) Bengkulu Utara melaksanakan kegiatan Ngaben Massal di Pura Dharma Yatra Desa Rama Agung Arga Makmud, Selasa 24 Mei 2022.

Sebanyak 22 keluarga mengikuti acara ngaben massal ini. Ngaben dilakukan dengan upacara sakral. 

Penyuluh Agama Hindu BU, Putu Juwitama menuturkan upacara ngaben ini merupakan upacara atau ritual yang dilakukan untuk mengembalikan roh keluarga ke tempat asalnya.

Ngaben ini bisa dilakukan mandiri maupun secara berkelompok atau massal.

BACA JUGA:Harga Sawit di Bengkulu Masih Rp 1500 per Kilogram

“Namun jika dilakukan mandiri tentunya membutuhkan biaya yang besar. Maka kita sangat mendukung PHDI BU melakukan ngaben massal yang tidak hanya diikuti oleh warga BU, melainkan juga warga kabupaten lain,” kata Putu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata yang juga Sekretaris PHDI BU Nyoman Karwiyanto mengatakan kegiatan ngaben massal dilakukan lebih dulu dengan upacara dan ritual sakral.

Hal ini dilakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang akan melakukan ngaben.

“Ada 22 keluarga yang mengikuti acara ngaben massal. Meskipun dilakukan secara massal, namun tidak menghilangkan runtutan upacara sakral.

Yang wajib dilakukan yang memang harus dilakukan dalam kegiatan ngaben,” jelasnya, mengutip Rakyatbengkulu.com, Rabu 25 Mei 2022.

BACA JUGA:Siswi SMP di Bengkulu Diduga Korban Pencabulan Sesama Jenis Saat Wisata

Kegiatan ngaben ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di BU. Selain ada kegiatan pawai ogoh – ogoh yang merupakan kegiatan keagamaan umat Hindu di BU yang menjadi destinasi wisata bagi masyarakat di BU.

“Ke depannya PHDI akan mengagendakan rutin kegiatan ngaben massal bagi umat Hindu Bali. Kita juga memiliki tempat ngaben khusus lokasi pelaksanaan acara,” pungkas Nyoman. (qia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: