49 Orang Terinfeksi Cacar Monyet, Kemenkes: Tak Perlu Panik Tapi Waspada

49 Orang Terinfeksi Cacar Monyet, Kemenkes: Tak Perlu Panik Tapi Waspada

Ilustrasi: Cacar Monyet.-Pixabay/@geralt -Disway.id

PORTUGAL, DISWAY.ID - Otoritas kesehatan DGS Portugal mengkonfirmasi 10 kasus baru cacar monyet pada Rabu 25 Mei 2022, sehingga total menjadi 49 orang. Jumlah ini menyamai infeksi yang dikonfirmasi di negara tetangga Spanyol.

Kedua negara Iberia ini telah menjadi salah satu hotspot utama wabah baru-baru ini dari penyakit virus yang biasanya ringan di luar daerah endemiknya di bagian barat dan tengah Afrika.

DGS dalam keterangannya menyebutkan semua kasus yang dikonfirmasi telah ditemukan pada pria, sebagian besar berusia di bawah 40 tahun. Semuanya dalam kondisi stabil dan tidak ada yang dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA:Wabah Monkeypox Menyebar di Eropa

Spanyol mengkonfirmasi satu kasus tambahan pada hari ini di wilayah Madrid di mana hampir semua infeksi di negara itu telah terdeteksi dan sebagian besar terkait dengan sauna dewasa, akan memperbarui jumlahnya.

Sebagian besar infeksi yang terdeteksi secara global sejauh ini dalam wabah belum parah, dan banyak, tetapi tidak semua, telah dilaporkan pada pria yang berhubungan seks dengan pria.

Gejalanya meliputi demam dan ruam bergelombang yang khas.

Wabah kasus cacar monyet di luar Afrika dapat diatasi, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO akan meluncurkan vaksinasi terbatas untuk memerangi meningkatnya infeksi virus.

BACA JUGA:9 Kasus Virus Monkeypox Ditemukan di Inggris, Potensial Penularan Terjadi Pada Pria Gay

Langkah itu dilakukan ketika pihak berwenang menyelidiki 237 kasus yang dicurigai dan dikonfirmasi dari virus di 19 negara sejak awal Mei.

Jumlah itu diperkirakan akan meningkat, kata pejabat WHO, tetapi sebagian besar infeksi sejauh ini belum parah.

Para ilmuwan tidak mengharapkan wabah berkembang menjadi pandemi seperti Covid-19, mengingat virus tidak menyebar semudah Sars-CoV-2.

Monkeypox adalah infeksi virus ringan yang endemik di beberapa bagian Afrika barat dan tengah.

BACA JUGA:Kemenkes Bocorkan Masa Inkubasi Cacar Monyet, Berikut Proses Penularannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: