Awas 5 Makanan Ini Diklaim Bisa Turunkan Fungsi Otak, Salah Satunya Daging Olahan

Awas 5 Makanan Ini Diklaim Bisa Turunkan Fungsi Otak, Salah Satunya Daging Olahan

Awas 5 Makanan Ini Diklaim Bisa Turunkan Fungsi Otak, Salah Satunya Daging Olahan --Freepik/kjpargeter

JAKARTA, DISWAY.ID - Fungsi otak seseorang tentu akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Namun penurunan Fungsi otak ini akan lebih cepat apabila seseorang tidak menjaga pola makannya.

Penurunan fungsi otak adalah perubahan pada kemampuan kognitif atau kemampuan berpikir. Kondisi ini menyebabkan performa otak dalam proses berpikir menjadi lebih lamban.

Jadi anda harus waspadai, karena sejumlah makanan ini bisa menurunkan fungsi otak anda dengan cepat. Dikutip dari PMJ NEWS,  berikut makanan terburuk untuk kesehatan otak.

1. Biji-Bijian Halus

Meskipun biji-bijian menyediakan bahan bakar (yaitu glukosa) untuk otak kita, tidak semua biji-bijian sama. Biji-bijian olahan seperti yang ada dalam roti putih, tepung, dan pasta berkontribusi terhadap penurunan kognitif melalui peningkatan peradangan.

BACA JUGA:Misteri Hilangnya Dokter Faisal Terungkap, Ternyata…

Menurut penelitian, mereka mengurangi faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, molekul penting yang terlibat dalam memori. Sebagai gantinya, berikan otak kita energi berkualitas tinggi dan padat nutrisi dengan makan biji-bijian seperti quinoa atau barley.

2. Daging Olahan

Sebuah studi tahun 2017 menemukan diet tinggi daging olahan dan daging merah, akan meningkatkan peradangan, menciptakan pengaturan yang sempurna untuk gangguan kognitif dan penyakit neurodegeneratif.

Pikirkan hot dog, bacon, dan potongan daging dingin. Meskipun memakan daging olahan sesekali tidak akan menyebabkan penyakit, cobalah memilih lebih banyak daging tanpa lemak seperti dada ayam tanpa kulit atau ikan panggang.

BACA JUGA:Gubernur Bank Indonesia Bocorkan Tiga Kunci Bangkitkan UMKM

3. Kue Kering Kemasan

Makanan panggang kemasan seperti yang ditunjukkan dalam studi 2018, dikemas dengan tepung putih halus dan gula tambahan, yang berkontribusi pada disfungsi kognitif karena menyebabkan peradangan.

Jenis makanan itu juga mengandung senyawa yang disebut advanced glycation end-productsatau AGEs, yang mempercepat penuaan dan penurunan kognitif. Sebagai gantinya, bisa membuat setumpuk batang almond ceri untuk camilan cepat dan ramah perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: