Petugas Rutan Kelas I Tangerang Kenakan Baju Adat Nusantara di Hari Lahir Pancasila

Petugas Rutan Kelas I Tangerang Kenakan Baju Adat Nusantara di Hari Lahir Pancasila

Petugas Lapas Kelas I Tangerang mengenakan baju adat nusantara.-Rikhi Ferdian-

TANGERANG, DISWAY.ID-- Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I TANGERANG, Jambe, kompak mengenakan baju adat nusantara, Rabu 1 Juni 2022.

Demikian dilakukan saat mereka mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo secara Virtual.

Seluruh jajaran Rutan Kelas I Tangerang mengikuti upacara dengan mengenakan pakaian adat Nusantara seperti baju adat dari Lombok, Sumatra Utara, adat suku Baduy, dan daerah lainnya.

BACA JUGA:Swiss Cabut Larangan Balap di Sirkuit, MotoGP dan Formula1 Bisa Hadir Kembali

"Hari ini kita ikut mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara virtual, para petugas Rutan Kelas 1 Tangerang semua mengenakan pakaian adat salah satunya baju adat suku Baduy Banten," kata kepala Rutan Kelas I Tangerang Akhmad Zaenal Fikri.

Dikatakan Fikri, mengenakan baju adat dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila itu merupakan bentuk pengamalan atau aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan kebhinekaan.

Meski berbeda suku, adat, dan budaya, kata Fikri, Indonesia tetap satu, bergotong royong sesuai semangat yang tertanam dalam nilai Pancasila itu sendiri.

"Dan ini juga sebagai bentuk rasa cinta tanah air," imbuhnya.

BACA JUGA:Anak Telanjangi Ibu Kandung di Dompu, Berujung Tewas Ditikam Sang Kakak

BACA JUGA:Beredar Kabar WNA Dibuatkan e-KTP Untuk Pemilu 2024, Kemendagri Beri Penjelasan

Dia menerangkan, ada sekitar 70 petugas  Rutan Kelas I Tangerang yang mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara daring tersebut. 

Hampir seluruh jenis pakaian adat dari Nusantara dikenakan oleh para petugas seperti baju adat Betawi, Jawa, Lombok, Sumatra Utara dan lainnya.

Tak ketinggalan, pakaian adat suku Baduy luar berwarna hitam lengkap dengan ikat kepala berwarna biru dengan corak batik, dan tas Koja khas warga Baduy, turut mewarnai upacara hari lahir Pancasila di Rutan Kelas I Tangerang.

"Hampir seluruh pakaian adat Nusantara ada, ini bentuk aktualisasi nilai-nilai Pancasila yang harus kita amalkan bersama," pungkasnya. (Rikhi Ferdian/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id