Pilot Tempur Tiongkok Intimindasi Pesawat Kanada di Langit Asia-Pasifik

Pilot Tempur Tiongkok Intimindasi Pesawat Kanada di Langit Asia-Pasifik

Sebuah pesawat patroli maritim Angkatan Udara Kanada CP-140 Aurora dari 14 Wing Greenwood mendapat intimidasi dari pesawat Tiongkok. -Lockheed Martin-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah Kanada menyatakan keprihatinannya atas eskalasi berbahaya dalam agresi yang dilakukan pilot pesawat tempur Tiongkok di langit Asia-Pasifik.

Sejak Desember 2021, pilot pesawat tempur Tiongkok telah melakukan intersepsi berbahaya pada pesawat patroli maritim CP-140 Angkatan Udara Kanada. 

Ini dilansir Disway.id dari Kantor Berita Global News yang berbasis di Kanada. CP-140 merupakan Pesawat Kanada, bagian dari misi PBB yang berpatroli di atas perairan internasional. 

BACA JUGA:Turki Serang Markas Militer Amerika Serikat

Tercatat, ada 60 pencegatan oleh jet tempur Tiongkok, dan lebih dari belasan kali mengandung unsur berbahaya. 

Jet Tiongkok secara rutin terbang dalam jarak 20 hingga 100 kaki dari pesawat Kanada sangat dekat sehingga Pilot Kanada dapat melakukan kontak mata dengan pilot Tiongkok, dan terkadang melihat mereka mengangkat ‘jari tengah’.

“Jarak itu sangat dekat pada kecepatan tinggi itu, dan itu dapat menyebabkan kecelakaan. Anda melakukannya terlalu banyak, dan akhirnya, kadang-kadang, itu akan salah,” jelas Charles Burton, seorang rekan senior di Macdonald-Laurier Institute di Ottawa, Jumat 3 Juni 2022.

 Pesawat CP-140 Aurora Kanada yang saat ini berpartisipasi dalam ‘Operasi Neon’ misi PBB untuk memantau sanksi terhadap Korea Utara melibatkan banyak awak bergilir yang menerbangkan pesawat Kanada secara teratur.

BACA JUGA:Hubungan Tiongkok-Taiwan Kian Panas, Isi Pemberitaan Jerusalem Post Minta Dihapus

Peristiwa itu menjadi perhatian dan menimbulkan frekuensinya meningkat. “Dalam beberapa kasus, awak pesawat (Kanada) merasa cukup berisiko sehingga mereka harus segera mengubah jalur penerbangan untuk meningkatkan pemisahan dan menghindari potensi tabrakan dengan pesawat yang mencegat,” paparnya.

Pemerintah Kanada telah mengeluarkan teguran diplomatik berulang kali ke Beijing sebagai tanggapan atas insiden tersebut.

Ini menggambarkan tindakan pilot Tiongkok, tidak aman dan tidak profesional. “Tapi Beijing diyakini tetap bungkam atas insiden ini,” jelasnya. 

Billie Flynn, mantan pilot uji coba jet tempur F-35 meyakini Aurora yang dioperasikan Kanada akan mengalami kesulitan bermanuver dari jet tempur yang terbang begitu dekat.

BACA JUGA:100 Juta Warga Henan Dipaksa Tes Covid-19, Wabah Mematikan Kembali Menyerang Tiongkok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: global news