ITCCentre Tawarkan Beasiswa di Bima

ITCCentre Tawarkan Beasiswa di Bima

Team Indonesia Thionghoa Culture Centre (ITCCentre) mengunjungi Kabupaten Bima – NTB. Kunjungan ini untuk menjajaki kerja sama dalam bidang peningkatan mutu SDM di Kabupaten Bima. ITCCentre ini lembaga sosial yang didirikan Dahlan Iskan.

ITCCentre diwakilkan Andre So dan diterima Bupati Hj Indah Dharmayanti Putri, SE. Hadir pula beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Bupati menyambut baik program beasiswa yang ditawarkan ITCCentre ini. Indah berharap dengan kerjasama yang terbantun bisa membantu putra putri daerah menjangkau pendidikan lebih baik lagi.

Pemerintah daerah akan menganggarkan biaya yang tidak tercover oleh beasiswa ITCCentre. Ini karena sesuai paparan Andre So, yang ditanggung beasiswa ini adalah free kuliah dan free asrama sampai tamat. Siswa hanya menanggung biaya hidup dan keberangkatan.

Andre So menekankan bahwa biaya hidup di Tiongkok sangat irit dan terjangkau. Kurang lebih hanya sekitaran Rp 1,5 juta per bulan.

Pertemuan Andre dan Indah ini ditindaklanjuti oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bima. Kepala Bappeda Suwandi ST mencatat secara detail kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan. Termasuk mengumpulkan OPD terkait.

Selain kerjasama beasiswa, Pemda akan melanjutkan kerjasama program media dengan Harian Disway. Harapannya, dengan kerjasama ini, Kabupaten Bima bisa mengeksplotasi potensi daerah termasuk bidang wisata dan mengundang investor untuk berinvestasi.

Sebelum berangkat, Andre memastikan siswa yang mendapat beasiswa ini akan dilatih bahasa Mandarin selama 6-10 bulan di Surabaya.

Masyarakat Bima sangat antusias dengan hadirnya informasi beasiswa ini. Terlebih sebelumnya sudah ada putra daerah yang sudah sekolah ke Tiongkok dan Taiwan melalui program beasiswa NTB Gemilang yang diprakarsai oleh Gubernur NTB.

Andre So selama 3 hari di Kabupaten Bima juga menyempatkan diri berkunjung ke SMA dan SMK setempat. Memberikan gambaran yang sama tentang peluang beasiswa ke Tiongkok. (Noor Arief)

Sumber:

Komentar: 0