Tol Trans Jawa Diduga Jadi Penyebab Sepinya Pembelian Tiket Pesawat di Travel Agent Bekasi

 Tol Trans Jawa Diduga Jadi Penyebab Sepinya Pembelian Tiket Pesawat di Travel Agent Bekasi

Ilustrasi Tol--

BEKASI, DISWAY.ID - Antusiasme mudik lebaran tahu 2022 nampaknya masih belum terlihat tinggi. Sebab, hingga hari ini, Senin 18 April 2022 pembelian tiket pesawat melalui travel agent di Kota BEKASI masih sepi.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia) Jawa Barat, Joseph Sugeng Irianto menjelaskan, ada hal yang berbeda dengan mudik lebaran tahun ini.

"Untuk mudik lebaran tahun ini konsumen membeli melalui travel agent lebih cenderung ke tiket kereta api ataupun menyewa mobil pribadi," ucap Joseph dikutip dari FIN, Senin 18 April 2022.

BACA JUGA:Makin Tegang! AS Setujui Pengiriman Rudal Javelin ke Ukraina

Selain itu, kata dia, dibangunya TOL Trans Jawa mulai dari Merak hingga Probolinggo, penjualan tiket pesawat relatif lebih menurun tidak seperti pada mudik lebaran yang sebelum sebelumnya.

"Kalo kita fokuskan untuk wilayah pulau Jawa dan Bali sejak adanya TOL Trans Jawa penjualan tiket pesawat antar Kota di Jawa itu relatif semakin menurun, karena rata rata orang ingin menggunakan jalur darat," ungkapnya.

Masyarakat lebih memilih mudik menggunakan mobil pribadi ataupun mobil yang sewa dari travel agent agar bisa melakukan perjalanan mudik sembari mampir ke kota kota yang dilalui saat menuju kampung halaman.

BACA JUGA:Harga Minyak Mentah Brent Melonjak 1,3 Persen per Barel

"Jadi malahan setelah TOL Trans Jawa ini di buka malah sewa mobil lebih tinggi daripada penjualan tiket pesawat, karena orang orang keluarga pada ingin mencoba dan bisa mampir ke kota kota yang di lalui," jelasnya.

Selain itu Travel Agent di Kota Bekasi yang juga menjual tiket Bus Antar Kota Antar Propinsi juga lebih kebanjiran pemesanan tiket dibandingkan penjualan tiket pesawat.

"Kalo untuk penjualan tiket bus AKAP ada beberapa travel yang menjual tiket PO Bus sudah mulai mencapai 80% sampai 85% namun memang belum over book," terangnya.

BACA JUGA:Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 per Gram, Senin 18 April 2022

Saat ini memang pilihan mudik menggunakan jalur darat sangat menjadi pilihan masyarakat termasuk warga Kota Bekasi, selain harga yang terjangkau para pemudik bisa menikmati perjalanan sembari melihat pemandangan sepanjang perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: