Kemenparekraf Apresiasi Pemprov Papua Barat Dalam Kembangkan Potensi Pariwisatanya

Kemenparekraf Apresiasi Pemprov Papua Barat Dalam Kembangkan Potensi Pariwisatanya

Raja Ampat, salah satu destinasi wisata potensial di Papua Barat-dok.kemenparekraf-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Papua Barat mendapat apresiasi langsung dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengapresiasi.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu dalam Rapat Koordinasi Teknis (RAKORNIS) Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Tahun 2022, Selasa 12 April 2022 lalu.

Vinsensius juga menyatakan Kemenparekraf siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk mengembangkan potensi wisata lain yang ada di Papua Barat secara maksimal. 

"Kemenparekraf siap bersinergi dengan pemerintah Provinsi Papua Barat demi mewujudkan Pariwisata Papua Barat yang  mendunia, berkualitas, terintegrasi dan berkelanjutan," ujarnya.

BACA JUGA:Buat Berita Bohong Soal Penganiayaan, Ratna Sarumpaet: Ini 'Empuk' untuk Politik!

Vinsensius juga mengapresiasi komitmen Pemerintah Papua Barat dalam membangun sektor pariwisata di Provinsi Papua Barat. 

Menurutnya hal ini sejalan dengan arahan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno terkait implementasi inovasi, adaptasi dan kolaborasi dalam pengembangan pariwisata dengan semangat Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Gali Semua Potensi Lapangan Kerja).

"Kemenparekraf mengapresiasi atas komitmen Gubernur Papua Barat yang siap dan fokus untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkapnya.

BACA JUGA:Rombongan Grup Musik Debu Alami Kecelakaan Maut, 2 Orang Meninggal Dunia

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf/Baparekraf Wawan Gunawan mengungkapkan, banyak hal yang perlu didorong dalam pengembangan pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Papua Barat. 

Yakni memperkuat fokus dan wilayah tematik Desa Wisata, destinasi (Alam, Budaya, dan Buatan), kawasan pariwisata Ekowisata, geopark, (konservasi dan non konservasi), serta destinasi wilayah (kabupaten, kota, dan provinsi). 

Pemerintah Provinsi Papua Barat dapat mengimplementasikan SINAKODA (Sinergitas Pusat dan Daerah berbasis Inovasi, Adaptasi, Kolaborasi) untuk mewujudkan destinasi berkualitas, terintegrasi, dan berkelanjutan di Papua Barat.

BACA JUGA:Kakorlantas Akan Berlakukan Sistem Satu Arah untuk Rute Jakarta Menuju Jawa Tengah, Ini Daftar Lengkapnya

Melalui sinergitas pembangunan lewat program Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik serta pendampingan dan dukungan lainnya dalam upaya percepatan pengembangan destinasi di Papua Barat. 

Sumber: