Era 1.000 Km

Era 1.000 Km

HONDA tidak dikenal di Tiongkok. Tapi ben tian ada di mana-mana.

Lihatlah dua huruf ini: ??. Itu, bunyinya: ben tian (baca: pen dian). Huruf yang sama, dengan tulisan yang persis sama dibaca lain di Jepang: Honda.

Di Tiongkok merek ben tian diproduksi di Guangzhou. Sebagai merek asing, ben tian harus bekerja sama dengan pabrik mobil Tiongkok GAC (Guangzhou Automobile Corporation). Itu pabrik mobil lama: didirikan tahun 1955. Tapi baru setelah berpatungan dengan asing namanya melejit.

Feng tian juga merek asal Jepang. Ia juga harus bekerja sama dengan GAC. Di Jepang tulisan ??tidak dibaca feng tian, tapi dibaca Toyoda (baca: Toyota).

Di Tiongkok nama Honda dan Toyota tidak dikenal. Tapi ben tian dan feng tian populer sekali.

Di luar kerja samanya dengan lima merek asing, GAC lantas mampu mengembangkan merek sendiri. Lebih lima merek lokal diproduksi GAC –belum satu pun yang populer di Indonesia: Trumpchi, Gonow, dan Changfeng. Ada satu lagi yang ngetop di Tiongkok: GAC. Merek ini sangat terkenal sebagai merek bus besar. Di seluruh Tiongkok. Sudah diproduksi hampir 1 juta bus merek GAC.

Tapi di sela-sela perang di Ukraina, GAC mencuri perhatian: ia tiba-tiba bikin sejarah. Pekan lalu GAC mengumumkan kejutan ini: mulai memproduksi mobil listrik yang punya jarak tempuh 1.000 km untuk sekali charge. Waktunya sudah ditentukan: tahun 2024. Tidak lama lagi.

Bahwa akan ada mobil listrik dengan jarak tempuh seperti itu sudah sering diberitakan. Tapi baru GAC yang berani mengumumkan jadwal produksinya secepat itu.

Mobil listrik tersebut akan menggunakan merek Aion: keabadian. Dengan demikian Aion akan mengalahkan mobil mana pun dalam hal jarak tempuh. Ini akan menjadi tonggak penting peralihan dari mobil bensin ke mobil listrik.

Dengan demikian ''lomba'' lari untuk menemukan baterai dengan kemampuan 1.000 Km sekali charge dimenangkan Tiongkok. Bukan Amerika. Atau Jepang. Atau Korea dan Jerman.

GAC sebenarnya sudah mulai memproduksi mobil listrik sejak tahun 2018. Yakni Aion model S. Setahun kemudian memproduksi sembilan model lainnya: tidak satu pun dikenal di Indonesia.

Di Tiongkok sendiri merek Aion belum sepopuler mobil listrik BYD, tapi model terbarunya nanti, Aion LX, akan sangat bersejarah.

Tahun 2024 –dan bukan 2025 atau 2027– tampaknya akan jadi ''Tahun 1.000 km'' mobil listrik. Tahun itu, sebuah pabrik baterai di Tiongkok sudah resmi mampu memproduksi jenis baterai baru itu.

Yang memproduksinya: China Envision AESC (Automotive Energy Supply Corporation). Sebenarnya itu bukan murni perusahaan Tiongkok. Ada saham dan dana Jepang di dalamnya. Itulah perusahaan patungan antara swasta Tiongkok dan swasta Jepang: Nissan.

China Envision sudah pula mengumumkan bahwa tahun 2024 mampu memproduksi secara masal baterai baru itu. Siap pula dikirim ke Jepang dalam jumlah besar. Maka Nissan pun di tahun itu bakal masuk ke era mobil listrik 1.000 km sekali charge.

Ternyata ada dua cara untuk memasuki era 1.000 Km dalam waktu yang begitu cepat: ada yang lewat lithium ada pula yang lewat solid-state battery.

Yang lewat lithium bisa dilakukan dengan cara ''memadatkan'' susunan cel-cel baterainya. Dengan demikian di ruang yang sama bisa diisi baterai lebih banyak. Itu memang akan membuat mobil lebih berat, tapi terkompensasi dengan jarak tempuh yang lebih memadai.

''Pemadatan'' susunan cel itu bisa dilakukan karena ditemukannya sistem manajemen baterai yang lebih maju. Terutama dalam memberikan jaminan keamanannya dari bahaya kebakaran.

Lomba cepat di mobil listrik terus terjadi dan salip-menyalip.

Perkembangan baru di Tiongkok ini tentu memicu perlombaan yang lebih panas di mobil listrik. Siapa tahu dalam lomba ini ada yang mampu menyalip di tikungan: baterai nasional Indonesia. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Berjudul Dua Mata

Aju Y
Saya akan berkomentar nanti, sekarang saya sedang di rumah sakit karena teman saya tak sengaja menelan memori 16 GB. Dan dia menyanyikan semua lagu di dalamnya Kami sekeluarga sedang berdoa,semoga dia tidak mencapai ke folder video.

killua
kalo emang jagoan, selesaikan secara jantan, bikinin ring atau octagon atau sejenisnya, tarung bebas 1on1. Zelensky vs Putin Biden vs Putin Zelensky vs Ramzan wasit/juri boleh khabib atau mcgregor atawa, bikin panggung buat standup comedy, biar mereka saling roasting satu sama lain, tidak perlu ada darah yg tertumpah, kecuali darah mereka para pemimpin egomaniac yg berkonflik saja. pertamax, gas, gandum, roti, gorengan gak perlu terimbas perang konyol ini. ternyata impor gandum RI terbesar dari Ukraina yah, ya salaam

Amat Kaselanovic
Ujar urang pahuluan, "bungur kada baakar, bungul kada baakal"

Maramuda Sahala
dalam definisi umum, wahabi itu sunni maknanya bukan syiah. tapi dalam definisi lebih teknis, wahabi itu bukan sunni karena tidak memenuhi kriteria sunni. yg terpenting di sunni tidak mengenal teologi takfiri (mengafirkan sesama muslim). teologi yg dikampanyekan Wahabi melalui tiga doktrin uluhiyah-rububiyah, al wala' wal bara' dan 10 pembatal keislaman (konsep muh bin abdul wahab). Begitu mas wahabi ..ehhh.. mas komentator spesialis... satu lagi: ciri khas wahabi, kalau ada yg beda dg mereka selalu dituduh kalo gak syiah ya liberal. begitu mas wahabi... ups...

munawir syadzali
Untuk hal kecantikan, sy lebih jagoin Aminat Akhmadova. Lirikan matanya bikin klepek2

Kliwon
Kalo aku lebih suka Millen Cyrus atau Lucinta Luna. Torsi besar & horse power pun lebih kuat. Sistem penggerak all wheel drive double gardan.

Fantra
Menurut saya Kadyrov ini anjingnya Putin. Mengeluarkan "wahabi" dari Sunni, tapi justru umrah dan haji ke negaranya "wahabi".

CuNur Yani
antri...antri...antri tinggal satu lagi. Yang tidak punya iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii tahu dirilah ....

Pengamat Jalanan
Ketika abangnya UAS izin ke emaknya mau menikah lagi. Emaknya bilang begini, "Yang boleh beristri lebih dari satu: Pertama para raja. Kedua, orang ahli agama.  Ketiga, orang kaya. Keempat, orang gila. Kau masuk yang mana?"  Nyali abangnya UAS pun ciut. Takut dibilang orang gila. Nah, Kadyrov masuk ketiga-tiganya. Jadi wajar, punya istri lebih dari satu. Bisa diterima akal sehat. Cuma masalahnya, apa Putin gak iri, teman karibnya punya istri 3, sedangkan dia jomblo sejati.

Wong Cilik
Artikel yang sangat menbah wawasan. Tapi abah mungkin perlu meneliti lagi apa itu yg abah sebut " wahabi" . Mereka juga beraliran sunni. Cuman memang kadang berbenturan dengan budaya setempat karena mereka berusaha mengamalkan apa yg ada di quran dan hadis secara murni dan tdk mau kompromi dgn budaya setempat.

komen doangMau polygami  sebanyak yang kalian mau,  pada saatnya nanti tetap hormat ( ndingkluk) karena tidak bisa tegak dan garang lagi. Biarlah semua merasakan petapa paitnya hidup ketika sudah dingkluk tenger tenger

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 319