Dekat Ciwidey, Danau Buatan Situ Sipatahunan Memendam Pesona

 Dekat Ciwidey, Danau Buatan Situ Sipatahunan Memendam Pesona

Tidak jauh dari lokasi wisata Ciwidey, canau buatan Situ Sipatahunan Memendam Pesona. -Twitter/@@Aldyyyp_-

BANDUNG, DISWAY.ID – Danau buatan yang bernama Situ Sipatahunan di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat menawarkan keindahan. 

Danau buatan ini, di lokasi itu terdapat sejumlah situs yang cukup memiliki daya tarik bagi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Di perbukitan yang berada di sebelah selatan danau tersebut ada situs air terjun.

BACA JUGA:NASA ’Ngajak’ Kerja Sama ke Bulan Lewat Program Artemis, Mau? Cek Syaratnya

Situ Sipatahunan tepat berada di RW 5 Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah atau berjarak 13 kilometer dari pusat Kota Bandung.

Danau buatan itu menjadi lokasi wisata alam yang jaraknya cukup dekat dibandingkan wisata danau lainnya di Ciwidey atau Pangalengan, yang berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung.

Tentunya, potensi-potensi itu rencananya akan digali untuk membuat Situ Sipatahunan menjadi destinasi wisata yang ideal untuk dituju masyarakat.

BACA JUGA:Treveler! Buruan Datang ke NTT, Ada 3 Destinasi Wisata Baru Hasil Penataan Kota Kupang

Sejumlah kekayaan alam dan budaya, Situ Sipatahunan tentunya berpotensi menjadi kekuatan wisata baru di Kabupaten Bandung jika komitmen pemerintah untuk menata kawasan tersebut dapat terealisasi.

Ya, ini merupakan potensi yang cukup bisa diandalkan, tapi harus ada penataan-penataan yang memang tidak bisa sekaligus.

Wacana Bupati Bandung Dadang Supriatna yang menginginkan danau buatan Situ Sipatahunan ditata tentu mendapat respon positif masyarakat. 

BACA JUGA:4 Tempat Paling 'Angker' di Dunia, Ada yang Berani Datang?

Apalagi ke depan akan menjadi destinasi wisata ideal yang harapannya untuk menambah perekonomian masyarakat setempat.

Danau buatan yang terbentuk sebelum Indonesia merdeka itu, awalnya dimanfaatkan untuk menampung air yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat setempat, baik untuk pertanian atau untuk rumah tangga.

Sumber: dinas pariwisata kabupaten bandung