Bunda, Pastikan Kecukupan ASI untuk Buah Hati

Bunda, Pastikan Kecukupan ASI untuk Buah Hati

Ilustrasi/Ibu menyusui -Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID--Bunda, penting sekali untuk memperhatikan kecukupan ASI pada buah hatinya karena ini akan berpengaruh pada pertumbuhan bayi. 

Dokter anak Citra Amelinda mengatakan, pada minggu pertama menyusui, anak akan mengalami penurunan berat badan. Namun, menurutnya itu hal yang wajar selama penurunan tidak lebih dari 10 persen. 

Tanda-tanda produksi ASI sudah mencukupi kebutuhan bayi dapat dilihat dengan mengukur berat badan, panjang, dan lingkar kepala bayi. 

"Oleh karena itu, penting sekali untuk mengukur berat, panjang, dan lingkar kepala anak setiap bula," katanya. 

"Jadi kalau kita merasa kok ASI-nya enggak banyak atau menyusunya jarang, lihat berat badan anaknya. Kalau naiknya sesuai, begitu juga dengan panjang dan lingkar kepala, berarti ASI-nya cukup," sambung Citra, Kamis, 24 Maret 2022.

Meski begitu, lanjut Citra, menyusui sejatinya merupakan sebuah proses

"Menyusui adalah sebuah proses. Enggak mungkin banyak di awal. Jangan lupa bahwa kita ini bukan dispenser, jadi enggak mungkin saat anak lahir langsung banyak ASI-nya," ujar dia.

Citra juga menjelaskan, ASI yang baik bukanlah ASI yang semakin putih dan kental karena setiap ibu menghasilkan ASI dengan kandungan yang tidak sama persis dengan ibu lainnya.  

Bahkan di hari yang sama, kata Citra, ASI yang diproduksi pada pagi dan malam hari juga bisa memiliki kandungan yang berbeda.

"Kalau anaknya lagi sakit, kandungannya juga beda lagi. Jadi memang ASI itu dibuatnya sesuai dengan kebutuhan anak. Yang penting itu bukan semakin kental semakin baik, tapi yang penting ASI-nya lancar, berat badan anaknya juga cukup dan sesuai," tutur dia.

Diketahui, ASI merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting bagi bayi baru lahir karena memiliki kandungan yang sangat lengkap, penuh dengan vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, yodium, dan masih banyak lagi. 

Itulah sebabnya, kata Citra, ibu menyusui harus mengonsumsi makanan yang baik karena nanti akan dibagi kepada bayinya

Akan tetapi, menurut Citra, hal yang paling unik adalah fakta bahwa ASI merupakan zat hidup yang mengandung hormon dan mikroba baik untuk membantu anak menjadi lebih sehat.

"Bisa dikatakan, ASI itu adalah jaringan hidup karena isinya tidak hanya mengandung makro dan mikro nutrien tapi juga zat-zat hidup lainnya yang akan membuat anak terlindungi dari infeksi, enggak gampang sakit, lebih cerdas," kata Citra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: