Cegah Kanker, Orang Tua Diharapkan Perhatikan Kesehatan Anak Sedini Mungkin

Cegah Kanker, Orang Tua Diharapkan Perhatikan Kesehatan Anak Sedini Mungkin

Ilustrasi. Parenting -Pixabay-

DISWAY.ID, Orang tua diharapkan memperhatikan anak-anaknya sedini mungkin untuk menghindari ada penyakit yang tidak diketahui, termasuk kanker. Dan ketika anak jatuh sakit, orangtua diharapkan tidak panik namun sebaliknya tetap tenang dan memeriksakan ke pelayanan kesehatan. 

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Sumatera Selatan dr. Julius Anzar berbagi tips agar orang tua mampu menangani situasi tanpa panik. 

“Jadi kalau ada masalah kesehatan, bawalah ke tempat pelayanan kesehatan atau ke dokter, jangan takut,” ujar dr Julius Anzar disela Miracle Vol.2 yang digelar Yayasan Kanker Anak Sumatera Selatan (YKASS) bersama Komunitas Peduli Kanker Anak (KPKA) di Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan, Ahad (13/3/2022) pagi.

Menurut dr Julius, jika masyarakat takut dan tidak mengecek kesehatan dengan alasan malas atau lainnya, yang di khawatirkan ada penyakit yang tidak diketahui selama ini, termasuk kanker. “Makin dini ketemu, makin mudah diobati,” ujar Julius.

Julius menungkapkan, memang benar kalau di dalam tubuh manusia terdapat bibit kanker. Tetapi ada yang menjadi cancer ada yang tidak.

“Maka itu, pola hidup kita terutama pola makan yang harus diperhatikan, jika pola makan tidak baik dapat memupuk bibit tadi, lama-lama bisa menjadi cancer,” ungkapnya.

Dr Julius menghimbau agar masyarakat dapat memperbaiki pola hidup dengan memperhatikan kesehatan, seperti memulai makanan yang sehat.

“Jika pola makan sudah berubah seperti mengkonsumsi makanan kebaratan, tidak cocok untuk usus orang Indonesia, hal itu dapat menyebabkan kanker, apalagi makanan yang mengandung zat kimia,” tuturnya.

Dia berharap, masyarakat meriksa kesehatan sedini mungkin terutama orang tua agar memperhatikan anak-anaknya, jangan sampai terlewatkan hingga penyakit di dalam tubuh dapat lebih jinak.

“Segera mengecek kesehatan agar mengetahui ada penyakit atau tidak di dalam tubuh kita, jangan sampai mengetahui penyakit stadium lanjut. Istilahnya jangan sampai sudah parah baru berobat,” tukasnya. (Mg01)

Sumber: sumeks.co