Cara Membuat Pupuk Organik dari Limbah Gedebog Pisang

Cara Membuat Pupuk Organik dari Limbah Gedebog Pisang

Gedebog Pisang --

JAKARTA, DISWAY.ID--Tanaman pisang hanya berbuah satu kali dalam setahunnya di Indonesia. Ketika sudah dipanen sebagian besar orang akan membuang barang atau gedebog pisangnya.

Padahal gedebog pisang bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik.

Dari situs resmi Kementrian Pertanian, berikut cara membuat pupuk organik cair dari limbah pisang, bahwa langkah pertama harus dilakukan yaitu mencincang atau mencacah 1 kilogram gedebog pisang dan memasuannya ke dalam karung.

Kemudian larutkan 200 gram gula di dalam tong yang sudah diisi dengan 3 liter air . 

Selanjutnya memasukkan cacahan gedebog pisang dalam karung ke dalam tong sudah berisi larutan air gula. Bila sudah dimasukkan, tutup tong selama 10 hari.

Agar hasil pupuk organik cair dari limbah gedebog pisang menjadi maksimal maka buka tutup tong satu kali sehari, lalu tutup kembali rapat-rapat.

Dalam jangka waktu 7 hingga 10 hari, pupuk organik cair dari limbah gedebog pisang akan mengeluarkan tanda berupa bau tape pada saat dicium.

Itu menandakan bila proses pembuatan pupuk organik cair sudah berhasil.

Bilamana cara pembuatan pupuk organik cair dari limbah gedebog pisang berhasil maka langsung saja angkat karung yang berisi cacahan gedebog pisang tadi lalu ambil air bekas rendaman karung tersebut

Air tersebut merupakan pupuk organik cair yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman. Sedangkan cacahannya jangan dibuang sebab dapat difungsikan sebagai kompos.

Adapun manfaat pupuk organik cair dari limbah gedebog pisang, diantaranya :

  •    Pembentukan vegetatif tanaman terutama pada bagian batang, akar dan juga daun.
  •    Bermanfaat sebagai perangsang fotosintesis untuk penghijaun daun.
  •    Membentuk persenyawan organik.
  •    Mampu merangsang perkembangan mikroorganisme dalam tanah.

Sumber: Radar Banten 

Sumber: