Siapkan Anggaran, Pemkot Bekasi Optimalkan UMKM Pulihkan Ekonomi Daerah

Siapkan Anggaran, Pemkot Bekasi Optimalkan UMKM Pulihkan Ekonomi Daerah

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto berbincang dengan salah satu pelaku UMKM.-Instagram/Tri Adhianto -

KOTA BEKASI, DISWAY.ID, Pemerintah Kota Bekasi menargetkan optimalkan UMKM lokal untuk kembali memulihkan ekonomi di tahun 2022 ini.  Hal ini disampaikan Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto usai Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kamis (17/03/2022). 

Pemerintah Kota Bekasi lanjut Tri, telah menyiapkan anggaran untuk target rencana tersebut. 

"Yang menjadi salah satu target kita ya UMKM akan kita optimalkan termasuk didalamnya juga menyiapkan anggaran yang lebih besar lagi untuk lebih UMKM" ungkapnya.

Tri Adhianto menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan salah satu kebijakan yang bisa menjadi solusi kepada dunia usaha lokal untuk bangkit.

"Itu salah satu solusi kegiatan, yang paling penting adalah kebijaknnya tadi, memberikan kesempatan kepada dunia usaha untuk bangkit, saat sudah bangkit itu lah kemudian angka pengangguran juga kecil, terus angka ekonominya juga makin besar" terangnya.

Melihat dari perkembangan kondisi Makro Kota Bekasi Tahun 2020 - 2021 kemarin, angka kemiskinan di Kota Bekasi di Tahun 2021 sekitar 4.74% dari target yang di canangkan sebesar 5,7%

Selain itu untuk Realisasi Angka Kemiskinan di Jawa Barat pada Bulan Maret 2021, angka kemiskinan di Wilayah Jawa Barat berada sekitar 8,40% sedangkan target yang di canangkan 5,06%.

Sementara, dalam Musrenbang RKPD Kota Bekasi tahun 2023, pemkot Kota Bekasi membahas mengenai kegiatan strategis di tahun terakhir periode 2018 sampai dengan 2023.

Tri Adhianto Tjahyono menyampaikan bahwa pihaknya saat ini tengah bekerja membangun kembali perekonomian Kota Bekasi setelah mengahadapi pandemi Covid-19.

"Kita saat ini kan sudah mulai cicil bagaimana kita membangkitan ekonomi, kemudian kita lebih ke prioritas kepada peningkatan terkait dengan pemberdayaan UMKM" ucapnya.

Sumber: