Catat! Pendaftaran Mudik Gratis Motor dengan KA Dibuka Besok 20 April 2022

Catat! Pendaftaran Mudik Gratis Motor dengan KA Dibuka Besok 20 April 2022

Mudik Gratis motor dengan Kereta Api--

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menginformasikan, pendaftaran program pengangkutan motor secara gratis menggunakan kereta api akan dibuka pada Rabu, 20 April 2022 besok.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, dirinya masih terus berbincang dengan rekan PT KA Logistik selaku operator program mudik gratis tersebut. 

Namun hingga kini, anak usaha PT KAI tersebut masih menunggu penugasan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

BACA JUGA:Duh! Kemenhub Izinkan Maskapai Naikan Harga Tiket Jelang Mudik Lebaran

BACA JUGA:3 Ledakan Tewaskan 6 Siswa di Kabul Barat, Belasan Alami Luka-luka

"Rencananya pendaftaran akan dibuka besok oleh temen-temen KA logistik, sambil menunggu penugasan dari Kemenhub," kata Joni, Selasa 19 April 2022.

Sebelumnya, Kemenhub sudah menyiapkan program pengangkutan 5.000 sepeda motor pemudik menggunakan kereta api secara gratis pada periode mudik Lebaran 2022.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan pengangkutan sepeda motor pemudik secara gratis tersebut karena banyak masyarakat yang berencana untuk melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor.

"Ada arahan dari Pak Menko [PMK Muhadjir Effendy] dalam rangka membantu Dirjen Perhubungan Darat untuk mengatasi pemudik dengan sepeda motor. Kita sekarang sedang menyiapkan kembali angkutan untuk motor mudik gratis dengan kereta api," jelas Zulfikri.

BACA JUGA:Penukaran Uang Baru buat Lebaran sampai 29 April, Caranya Mudah Lho

BACA JUGA:PT Adaro Energy Buka Lowongan untuk 5 Posisi, Buruan Daftar Besok Tutup

Namun, dia belum memberikan informasi soal jumlah kereta api yang disediakan untuk angkutan tersebut. Adapun kapasitas angkut yang disediakan untuk tahun ini yaitu sebanyak 5.000 unit sepeda motor, turun dari level pra pandemi yang mencapai 19.000 unit.

Rute pengangkutan sepeda motor gratis dengan kereta api akan fokus ke arah Jawa Tengah. Biasanya, angkutan untuk sepeda motor melayani tujuan dari Jakarta ke Purwokerto sampai dengan Yogyakarta-Solo, bahkan sampai ke Blitar, Jawa Timur.

Sumber: