Target Pelebaran Tol Jakarta-Cikampek Rampung H-10 Lebaran

Target Pelebaran Tol Jakarta-Cikampek Rampung H-10 Lebaran

Jasa Marga tengah mengerjakan konstruksi pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di Km 62 Dawuan-Km 50 Karawang Timur arah Jakarta.--fin

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) Regional Division tengah mengerjakan konstruksi pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di Km 62 Dawuan-Km 50 Karawang Timur arah Jakarta.

Pekerjaan pelebaran lajur yang semula tiga lajur menjadi empat lajur merupakan upaya peningkatan kapasitas lajur arah Jakarta yang telah dilaksanakan sejak akhir 2021.

Dwimawan Heru, Head of Corporate Communications and Community Development Group menjelaskan, proyek pelebaran jalur di Tol Jakarta-Cikampek saat ini merupakan tambahan dari proyek pekerjaan pelebaran dua jalur yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. 

BACA JUGA:Gebuk Osasuna 3-1, Real Madrid Menuju Tahta Liga Spanyol

Pertama pada tahun 2017 dengan pelebaran tiga lajur menjadi empat lajur pada 67km menjadi 62km. 

Untuk kedua kalinya pada tahun 2020 setelah resmi beroperasinya overpass MBZ, akan dilebarkan dari tiga lajur menjadi lima lajur sepanjang 50-48 km.

"Yang sedang dikerjakan saat ini sepanjang kurang lebih 12 km, yaitu dari Km 62 - Km 50 arah Jakarta," kata Heru, Kamis 21 April 2022.

Heru menambahkan, pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lajur jalan tol Jakarta-Cikampek yang dapat mengurangi potensi kepadatan di Simpang Susun (SS) Dawuan Km 67. 

"Itu merupakan lokasi pertemuan dua arus lalu lintas besar dari Bandung dan Tol Trans Jawa menuju Jakarta," ujarnya.

BACA JUGA:Juventus Bersua Inter Milan di Final Coppa Italia

Heru berharap, dengan adanya pelebaran jalan ini dapat meningkatkan jumlah kapasitas lajur, untuk menampung kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang memiliki pertumbuhan volume kendaraan signifikan.

Jasa Marga mencatat lalu lintas harian rata-rata yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 442.087 kendaraan pada kuartal I Tahun 2022, meningkat sebesar 8,33 persen dibanding periode yang sama 2021.

"Untuk itulah, pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas," ucapnya.

Jasa Marga menargetkan pekerjaan pelebaran jalur arah Jakarta ini dapat difungsionalkan sebelum H-10 lebaran.

Sumber: