Wow! Astronom Kaget saat Temukan Jenis Ledakan Bintang Baru, Ternyata Ini Namanya

Para astronom temukan jenis ledakan bintang baru bernama mikronova-M. Kornmesser, L. Calçada-ESO

JAKARTA, DISWAY.ID - Para astronom telah mendeteksi adanya jenis ledakan bintang yang sebelumnya belum diketahui, yakni bernama mikronova.

Mikronova melibatkan ledakan termonuklir di daerah kutub dari jenis bintang yang terbakar yang disebut katai putih setelah ia menyedot material dari bintang pendamping.

Para peneliti mengatakan bahwa mikronova sejauh ini merupakan jenis ledakan bintang yang paling tidak kuat yang sekarang diketahui. Bahkan kurang energik daripada ledakan yang disebut nova di mana seluruh permukaan katai putih meledak dan kecil dibandingkan dengan supernova yang terjadi selama pergolakan kematian beberapa bintang raksasa.

Mikronova diamati dari Bumi sebagai semburan cahaya yang berlangsung sekitar 10 jam.

BACA JUGA:Cristiano Ronaldo Akhirnya Respons Aksi Dukungan Fans Liverpool

BACA JUGA:Anda Hobi Konsumsi Telur? Berikut 5 Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan

Mereka didokumentasikan pada tiga katai putih - satu berjarak 1.680 tahun cahaya dari Bumi, satu 3.720 tahun cahaya dan satu 4.900 tahun cahaya.

Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam setahun, 5,9 triliun mil (9,5 triliun km).

"Penemuan ini merupakan kejutan yang tidak terduga. Ini menunjukkan betapa dinamisnya alam semesta. Peristiwa ini berlangsung cepat dan sporadis. Untuk menemukannya, diperlukan pengamatan di tempat yang tepat pada waktu yang tepat," kata astronom Simone Scaringi dari Universitas Durham di Inggris, dikutip dari Reuters pada Kamis, 21 April 2022.

Katai putih, salah satu objek terpadat di alam semesta, dihasilkan dari runtuhnya inti bintang yang sekarat. Mereka memiliki massa matahari kita tetapi diameternya seukuran Bumi. Sebagian besar bintang, termasuk matahari, ditakdirkan untuk mengakhiri keberadaannya dalam bentuk ini.

BACA JUGA:Pawai Bendera di Yerusalem, Kelompok Ultra-Nasionalis Israel Berteriak 'Matilah Orang-orang Arab'