Penelitian: Minum 2 Cangkir Kopi Sehari Sehatkan Jantung

Penelitian: Minum 2 Cangkir Kopi Sehari Sehatkan Jantung

Ilustrasi/Kopi -GabiSanda-Pixabay

DISWAY.ID-Penelitian mengungkapkan, orang yang mengonsumsi 2 cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan 15 persen lebih kecil untuk mengalami komplikasi penyakit jantung.

Dua cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan komplikasi penyakit jantung lebih kecil dibandingkan mereka yang minum kopi lebih banyak atau lebih sedikit. 

Sebuah tim akademisi telah menemukan bahwa asupan kopi yang stabil setiap hari juga terkait dengan hidup lebih lama seperti dilansir dari diabetes.co.uk, Rabu 20 April 2022.

Selama penelitian, para ilmuwan memeriksa kesehatan jantung sekitar 400 ribu orang dewasa di atas usia 50 tahun, yang semuanya tidak memiliki masalah jantung sebelumnya. 

Setiap peserta mengisi survei untuk mencatat asupan kopi harian mereka.

Para peneliti menemukan bahwa minum 2-3 hingga cangkir kopi per hari dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik. 

Para peserta yang mengonsumsi 2 kopi setiap hari hingga 15 persen lebih terlindungi dari masalah kardiovaskular, seperti detak jantung tidak teratur, gagal jantung, dan penyakit jantung koroner.

Temuan memang menunjukkan bahwa kopi tanpa kafein tidak menawarkan perlindungan yang sama seperti kopi instan dan kopi bubuk.

Sebagai bagian dari penelitian, tim peneliti juga menilai kesehatan jantung orang dengan penyakit kardiovaskular.

Peneliti menemukan bahwa peserta dengan penyakit jantung yang mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi sehari lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dibandingkan mereka yang tidak minum secangkir kopi per hari, meskipun ada kekhawatiran bahwa kafein dapat memicu komplikasi jantung.

Maka itu, tetap perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

“Data kami menunjukkan bahwa asupan kopi setiap hari tidak boleh dianggap remeh, melainkan dimasukkan sebagai bagian dari diet sehat untuk orang dengan dan tanpa penyakit jantung,” kata  Profesor Peter Kistler.

"Studi kami menunjukkan bahwa asupan kopi secara teratur aman dan bisa menjadi bagian dari diet sehat bagi penderita penyakit jantung,” katanya.

Kandungan Biji Kopi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com