IIMS Hybrid 2022 Resmi Dibuka, Menko Airlangga: Transisi Mobil Listrik Menjadi Keharusan

IIMS Hybrid 2022 Resmi Dibuka, Menko Airlangga: Transisi Mobil Listrik Menjadi Keharusan

IIMS Hybrid 2022 resmi dibuka oleh Menko Airlangga Hartanto-- Foto Muhamad Ichsan - -

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pameran otomotif bertajuk Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis 31 Maret 2022.

Di tengah pandemi (industri) mampu bangkit, pemulihan tahun kemarin kuarta keempat 5 persen, kontribusi otomotif tumbuh 4,52 persen, elsektor industri non migas 19,25 persen, 22,41 persen,” ujar Menko Airlangga Hartanto dalam sambutannya.

Ia juga menambahkan, saat ini industry otomotif mulai bergeser dari mesin konvensional (BBM) ke tenaga listrik.

Selain itu, terkait penjualan kendaraan roda empat dengan adanya relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), penjualan hingga bulan Februari 2022 sudah sekitar 81 ribu unit.

BACA JUGA:Satlantas Jakarta Pusat Tindak Tilang Pengendara yang Bandel di Lokasi Ini!

“Ini dibanding tahun lalu naik 64 persen. Roda dua dan empat kembali pulih. Dengan Peraturan Menteri Keuangan, PPnBM di bawah 200 juta kuartal pertama hingga kuartal keempat turun proporsional,” ujar Airlangga. 

Ini sumbangan konkrit pemerintah terhadap sektor otomotif. Perubahan iklim tentang percepata  kendaraan listrik berbasis baterai, sehingga diharapkan tahun ini ada 3 pabrikan yang launching mobil listrik. Satu pabrikan sudah diketahui dan 2 (pabrikan) akan diketahui kemudian,” ungkapnya.

BACA JUGA:4 Komoditas Pangan Ini Paling Laku Jelang Ramadan di Tangerang

Mengenai ajang pameran IIMS Hybrid 2022 ini, Menko Airlangga mengungkapkan, IIMS Hybrid 2022 bisa menjadi target mendorong kemampuan masyarakat yang daya belinya tertekan.

"Akibat komoditas harga meningkat, dan geo politik yang mendorong harga bbm cukip tinggi,” ungkapnya. 

Geo politik tertekan akan berakibat sektor energi dan pangan. Oleh karena itu transisi mobil listrik menjadi keharusan. 1 liter bensin 17 ribu, setara dengan 1,5 kwh/1500 perak, non subsidi,” imbuhnya.

“Sedangkan BBM di subsidi, ini ketergantungan terhadap minyak, dan mendorong bio diesel B30,” tambahnya.


IIMS Hybrid 2022 resmi dibuka oleh Menko Airlangga Hartanto-- Foto Muhamad Ichsan - -

Sementara itu, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, berharap IIMS Hybrid 2022 dapat terus menjaga gairah publik terhadap industri otomotif sepanjang semester satu tahun ini.

“Banyak peran pemerintah pengurangan emisi gas buang, IIMS dapat merangkul stake holder industri otomotif dalam mengambil peran dalam menciptakan energi bersih di tahun 2060,” terang  pria yang akrab disapa Kohen ini.

“IIMS menstimulasi industri otomotif dan kreatif. Tantangan baru bekerja, penuh kejutan baru dengan NFT teknologi IIMS,” tambahnya.

BACA JUGA:Kijang Innova BEV Concept Study Car Hadir Perdana di IIMS 2022

Selain itu, Kohen juga mengajak MURI untuk mendokumentasikan berbagai invoasi di IIMS Hybrid 2022 yang belum pernah ada sebelumnya. Termasuk Grand prize 4 unit mobil dan 2 unit motor untuk pelanggan setia IIMS dari tahun ke tahun .

“Semoga IIMS Hybrid 2022 dapat mematik industri otomotif di Indonesia. Sarat digital dan terobosan teknologi dan tetap menerapkam protokol Kesehatan,” pungkas Kohen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: