Turki Bombardir Pertahanan Amerika dan Suriah

Turki Bombardir Pertahanan Amerika dan Suriah

Serangan militer Turki ke daerah-daerah di timur laut Suriah terus dilancarkan.-Iranpress -Disway.id

SURIAH, DISWAY.ID - Serangan militer Turki ke daerah-daerah di timur laut Suriah terus dilancarkan. Markas pertahanan Amerika Serikat pun tak luput jadi serangan, setelah Presiden Persiden Recep Tayyip Erdogan mengklaim serangan ini sebagai upaya memperluasan cakupan operasi militer Ankara di Suriah.   

Militer Turki telah menduduki bagian utara dan timur laut Suriah selama 2,5 tahun terakhir dengan dalih memerangi teroris.

Menurut kantor berita resmi Suriah, SANA, pasukan Turki pada Minggu 4 Juni 2022 menyerang beberapa wilayah di timur laut Suriah dan menyebabkan terputusnya jaringan listrik di Hasakah, listrik di daerah Tell Tamer (Tal Tamr/Tal Tamir) dan desa-desa sekitarnya.

BACA JUGA:Turki Serang Markas Militer Amerika Serikat

Sementara itu, menurut kantor berita Kurdi, Hawar News Agency, enam anggota pasukan penjaga perbatasan Suriah terluka setelah diserang militer Turki di Desa Umm al-Keif di Tell Tamer.

Pasukan Turki telah mengintensifkan serangan mereka di Suriah utara selama beberapa hari. Serangan meningkat setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan baru-baru ini mengatakan bahwa pasukan Turki akan membersihkan Manbij dan Tal Rifat di Suriah dari apa yang disebutnya sebagai teroris.

Dia juga mencatat bahwa operasi Turki secara bertahap akan berlanjut di bagian lain Suriah. Menurutnya, Turki akan menargetkan kelompok bersenjata Kurdi di dua kota, Suriah utara dalam operasi militer yang akan datang.

“Kami mengambil langkah lain dalam membangun zona keamanan 30 kilometer di sepanjang perbatasan selatan kami. Kami akan membersihkan Tal Rifat dan Manbij dari teroris,” terang Erdogan pada pertemuan partainya di parlemen.

BACA JUGA:Turki dan Teman yang Berseberangan

Menurut Erdogan, pasukan Turki kemudian akan melanjutkan langkah demi langkah, ke wilayah lain.

Pemerintah Damaskus juga telah bereaksi keras terhadap pernyataan Erdogan dan mengutuknya, serta memprotes agresi militer Turki ke Suriah.

Gempur Markas Amerika Serikat 


Melanjutkan operasinya di Suriah, Amerika takut serangan Turki bahayakan pasukanya yang berada di sana. -Al Mayadeen-Disway.id-

Stasiun televisi Al Mayadeen, melaporkan serangan padat pasukan Turki ke wilayah utara Provinsi Idlib, Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hawar news agency