Festival Musikal Indonesia Berkonsep Seni Musik Tanah Air

Festival Musikal Indonesia Berkonsep Seni Musik Tanah Air

Festival Musikal Indonesia-Tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia akan menggelar Festival Musikal Indonesia.

Gelaran festival tersebut bekerjasama dengan Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia. 

Sedangkan pelaksanaannya pada tanggal 20-21 Agustus di Teater Jakarta - Taman Ismail Marzuki, Cikini Raya, Jakarta Pusat.  

Festival ini melibatkan sejumlah grup musikal tanah air seperti Artswara, EKI Dance Company, Flodanzoka, Jakarta Movin, Kampus Betawi, Swargaloka dan Teman Production. 

BACA JUGA:Beredar Kartu Nikah Poligami, Ada Kolom Foto 4 Istri, Kemenag Beri Penjelasan

Ahmad Mahendra, Direktur Musik, Perfilman dan Media Kemendibudristek RI, selaku panitia penyelenggara menyatakan bahwa festival ini mengangkat konsep seni musikal di tanah air.  

“Musikal yang sudah terlanjur diketahui berasal dari Inggris dan Amerika, sebetulnya seni yang mengandung unsur-unsur musikal ini, musik – akting – tari, sudah ada dalam sebuah pentas tradisional seperti di wayang kulit, lenong betawi atau ludruk,” ujar Ahmad saat peluncuran FMI secara virtual, Selasa 7 Juni 2022.

Festival Musikal Indonesia yang kelak dibuat rutin ini, mengangkat musikal Indonesia kepada masyarakat luas, melalui pameran, pentas dan kegiatan lainya. 

Sementara itu, Rusdy Rukmarata selaku direktur festival, menyatakan tema Festival Musikal Indonesia kali ini adalah sejarah Indonesia. 

BACA JUGA:Kolonel Priyanto Divonis Penjara Seumur Hidup, Terkait Pembunuhan Berencana Sejoli di Nagreg

"Tema Festival Musikal Indonesia kali ini adalah Sejarah Indonesia, yang akan direspon oleh 7 sanggar musikal dalam cuplikan pentas musikal Indonesia," jelas Rusdy.

Rusdy juga menambahkan, sejauh ini mereka akan mengangkat cerita-cerita sejarah, seperti Artswara dengan Tjut Nya’ Dien, Ken Dedes oleh EKI Dance Company, Teka Iku Flores Timur dari Flodanzoka, 9 Sembilu (9 Perempuan  Rembang) dari Jakarta Movin, Blood Brothers Kampus Betawi.

Kemudian Sultan Agung dari Swargaloka dan Teman Production mengangkat tentang Bhinneka Tunggal Ika.  

Sedangkan Reda Gaudiamo sebagai Produser FMI, juga menyiapkan sejumlah acara di area Teater Jakarta yang ikut mendukung festival seperti, panggung show case musikal, kuliner nusantara, pameran musikal Indonesia, dan lain sebagainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: