Faisal Bin Farhan Al Saud Tawari Jokowi Tambahan Kuota Haji, Ini Jumlahnya

Faisal Bin Farhan Al Saud Tawari Jokowi Tambahan Kuota Haji, Ini Jumlahnya

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 7 Juni 2022. -Setpres/Lukas-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud dari Arab Saudi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 7 Juni 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Menteri Al Saud melakukan diskusi tentang beberapa topik, termasuk pelaksanaan haji dan kerjasama ekonomi antara kedua negara.

“Presiden berbicara tentang masalah kepentingan ummat, dalam hal ini haji. Presiden mengapresiasi pelaksanaan haji tahun ini setelah pandemi selama dua tahun,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut, demikian disampaikan melalui keterangan resmi di Jakarta.

BACA JUGA:Kuota Haji Indonesia Ditambah, Ini Penegasan Retno Marsudi ke Menlu Arab Saudi

Menteri Luar Negeri Marsudi mengatakan, Presiden mengapresiasi Kerajaan Arab Saudi yang telah menawarkan Indonesia kuota jamaah haji terbesar, yakni lebih dari 100 ribu orang atau tepatnya 100.051.

Dengan membaiknya situasi pandemi, Presiden berharap kuota haji terus ditingkatkan. Ia pun mendoakan agar ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan aman.

Sementara itu, menteri luar negeri Arab Saudi menjelaskan rencana masa depan mereka. Jika situasinya membaik, maka kuota jemaah haji akan ditambah.

Pemerintah Arab Saudi juga akan mengembangkan infrastruktur untuk memfasilitasi haji.

BACA JUGA:Haji Aseng

Presiden Jokowi berbicara tentang rencana Indonesia untuk membangun "Rumah Indonesia" di Kota Mekkah untuk memberikan dukungan maksimal kepada jemaah umrah dan haji Indonesia.

“Kami mohon dukungan dari otoritas pemerintah, dari Arab Saudi, dan pesan ini akan disampaikan oleh Menlu Arab Saudi kepada otoritas di Arab Saudi,” kata Marsudi.

Terkait hubungan antarmasyarakat, Marsudi melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa otoritas Arab Saudi telah mencabut larangan berkunjung ke Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: