Pemkot Jakbar Ubah TPS jadi Taman Maju Bersama

Pemkot Jakbar Ubah TPS jadi Taman Maju Bersama

Tempat pembuangan sampah di Jakarta Barat.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID--Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat (Jakbar) mengubah tempat pembuangan sampah (TPS) jadi Taman Maju Bersama (TMB). 

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Suku Dinas Kehutanan dan Taman Kota Jakarta Barat, Djauhar Arifien, saat dihubungi di Jakarta, Rabu, 8 Mei 2022.

Ia mengatakan bahwa lahan seluas 8.000 meter per segi di Gombol Paya, Kalideres, Jakarta Barat itu akan diratakan dan dibuat sarana dan prasarana taman. 

BACA JUGA:Fakta Baru Pria di Gresik Nikahi Kambing yang Juga Dihadiri MUI

"Jadi nanti isinya ada lapangan multifungsi, ada pagar dan juga children Playground dan jalan setapak," ujar Djauhar Arifien.

Ia juga mengatakan bahwa pengalihan fungsi lahan tersebut dilakukan agar masyarakat sekitar bisa menikmati taman sebagai tempat bermain dan lokasi serapan air.

"TMB kita ada dua fungsi, pada saat musim hujan dia bisa sebagai retensi air untuk birunya dan pada saat kering bisa untuk taman, jadi blue and green," jelas Djauhar. 

Djauhar juga memastikan kondisi taman akan dibuat bagus dan ramah anak agar tidak berbahaya saat bermain. 

Adapun pengerjaan taman tersebut akan memakan waktu tiga bulan dan diperkiran rampung pada akhir Juni. 

"Pekerjaan kalau waktunya selama tiga bulan dan kemungkinan selesai di akhir Juni," kata dia. 

BACA JUGA:Pemkab Pandeglang dan Bank Banten Kerjasama Akselerasi Target Penerimaan Pajak Daerah

Ia pun menjelaskan alasannya memilih lokasi itu karena memang lahan tersebut merupakan lahan pembebasan tanah dari UPT Dinas. 

"Jadi pertama lahan tersebut lahan pembebasan tanah yang dilakukan UPT dinas, yang kedua daerah tersebut memang padat penduduk," jelasnya. 

Dari pantauan Disway.id, proses pembuatan TMB di tengah pemukiman warga ini sedang berjalan yakni perataan lahan untuk dijadikan taman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: