Sandiaga Uno: Wisatawan Timor Leste Cukup Potensial Kontribusinya Untuk Pariwisata Indonesia

Sandiaga Uno: Wisatawan Timor Leste Cukup Potensial Kontribusinya Untuk Pariwisata Indonesia

Bertemu Dubes RI untuk Timor Leste, Menparekraf Tindak Lanjuti Kerja Sama Pariwisata-dok.kemenparekraf-

JAKARTA, DISWAY.ID – Duta Besar Republik Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, membahas tindak lanjut dari nota kesepahaman (MoU) pariwisata RI - Timor Leste. 

“MoU ini akan kita tindak lanjuti segera sebagai bagian dari rangkaian acara 20 tahun hubungan bilateral Indonesia dengan Timor Leste,”  ujar Sandiaga Senin 4 April 2022.

Kerja sama dalam bentuk MoU Pariwisata ini akan mencakup joint promotion, pengembangan destinasi wisata, hingga peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM.

Selain MoU, pihak Timor Leste berharap Indonesia dapat mempertimbangkan pemberian visa kunjungan saat kedatangan (VoA) khususnya ke Bali dan Nusa Tenggara Timur untuk wisatawan Timor Leste.

BACA JUGA:Malaysia Mau Klaim Reog Ponorogo dan Diajukan ke UNESCO, Indonesia 'Kebakaran Jenggot'

“Saya sangat paham betul, Bali menjadi lokasi yang strategis bagi wisatawan Timor Leste untuk transit ataupun berkegiatan lainnya. Dan untuk visa kunjungan Bali dan NTT mohon bersurat nanti kita angkat di rakor (rapat koordinasi) mingguan untuk kita tindak lanjuti,” kata jelasnya.

Di samping itu, penyelenggaraan berbagai kegiatan atau event juga akan disinergikan, seperti Festival Perbatasan, sehingga dapat mendongkrak kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas bagi kedua negara.

BACA JUGA:Harga Emas Antam Naik Rp 3 Ribu per Gram pada Selasa 5 April 2022

“Dukungan di sekitar border, kalau ada Festival Perbatasan kan menarik, sehingga tidak hanya meningkatkan kunjungan wisatawan, juga produk ekonomi kreatif kita,” tambah Menparekraf.

Menparekraf juga akan berkoordinasi dengan pihak-phak terkait untuk menghadirkan direct flight dari Timor Leste ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti Bali, Surabaya, Jakarta, dan Medan.

“Untuk direct flight saya akan koordinasikan juga, kalau memang ada pasarnya dan dapat mendatangkan wisatawan ke Bali dan destinasi lainnya,” katanya.

BACA JUGA:Dibanding ten Hag, Rooney Ngebet Pochettino Jadi Manajer MU: Dia Manajer Top!

Wisatawan mancanegara asal Timor Leste dikatakan Menparekraf cukup potensial kontribusinya terhadap peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Jika dilihat dari spending wisatawan Timor Leste memang tidak berdampak secara signifikan, hanya sekitar 187,71 dolar AS per-kunjungan atau 31,34 dolar AS per-hari.

Namun, jika dilihat dari jumlah wisatawan Timor Leste yang datang ke Indonesia cukup banyak, pada tahun 2020 mencapai satu juta lebih wisatawan.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak, Selasa 5 April 2022, Aquarius: Uang Akan Datang dengan Mudah Kepada Anda!

“Kita harapkan hubungan bilateral kita semakin baik antara Indonesia dengan Timor Leste, dan juga kita harapkan spending dari teman-teman (wisatawan Timor Leste) rendah tapi secara quantity wisman banyak,” terangnya.

“Kalau bisa meningkat dari 31 dolar perhari dengan produk-produk ekonomi kreatif, maka akan semakin memperkuat ekonomi kita terutama di NTT,” imbuhnya.

BACA JUGA:Minyak Goreng Curah Dikemas Jadi Merek Baru, Kapolri: Ini Akan Kami Tindak Tegas!

Sementara itu,  Okto Dorinus Manik, menyambut baik dukungan Menparekraf dalam memberikan bantuan terkait visa on arrival, dan bentuk kerja sama lainnya.

Ia berharap MoU Pariwisata juga bisa segera diselesaikan, karena pihak Timor Leste sudah lebih dahulu menyetujuinya.

“Saya ucapkan terima kasih karena berkesempatan untuk bertemu dengan Menparekraf ditengah kesibukan beliau,” katanya.

BACA JUGA:Harga Batu Bara Melonjak 41,5 persen per April 2022, Imbas Embargo Pasokan Energi dari Rusia

“Memang kerinduan kami masuk dalam salah satu daftar VOA, karena memang Timor Leste salah satu wisman terbesar meskipun spendingnya tidak terlalu tinggi. Dan untuk MoU pihak kami sudah agree, hanya tinggal menunggu keputusan dari Indonesia," paparnya.

Sementara Direktur Hubungan Antar Lembaga Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa, mengatakan MoU on Tourism ini akan segera diselesaikan. “Supaya berbagai program yang akan kita kerjasamakan bisa kita lakukan seperti Festival Perbatasan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: