Rumah Kuliner Lengkong Sajikan Makanan Khas Tangsel

Rumah Kuliner Lengkong Sajikan Makanan Khas Tangsel

TANGERANG, DISWAY.ID-- Masih mencari referensi untuk kulineran di Serpong, Kota Tangerang Selatan?

Memang banyak tersedia tempat kulineran di wilayah yang dikenal dengan Surganya wisata kuliner tersebut.

Namun ada yang baru dan bisa menjadi tempat untuk dikunjungi, khususnya bagi para penikmat makanan tradisional khas Tangerang Selatan.

Namanya, Rumah Kuliner Lengkong.

Berada di Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang.

Dibidani Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Lengkong Wetan, tempat ini baru diresmikan, Kamis (17/03).

Dibangun satu setengah lantai di atas lahan 225 meter persegi, Rumah Kuliner Lengkong (RKL) menyediakan berbagai jenis makanan khas Lengkong, seperti pecak ikan, sayur besan, lepet, kue BH, apem dan lain sebagainya.

"Rumah Kuliner Lengkong merupakan rumah produksi sekaligus juga restoran. RKL dikelola oleh oleh BKM Lengkong Wetan. Gedung RKL sendiri dibangun dari dana padat karya Kementerian PUPR dalam program Kotaku, untuk lahannya sendiri adalah milik Pemkot Tangsel," tutur Elvita Fitriyani, Koordinator Kotaku Tangsel.

RKL bakal menjadi wadah bagi UKM yang tergabung di BKM Lengkong Wetan.

Secara bergantian mereka akan berniaga memperkenalkan masakan khas masing-masing, seperti Pecak Ikan yang saat ini sedang diupayakan menjadi makanan khas Tangsel yang bisa diawetkan dengan menggunakan teknologi tertentu.

"Ada juga kue-kue khas Lengkong yang saat ini sudah sulit ditemukan, kalau boleh dibilang RKL ini selain sebagai tempat mencari peruntungan juga sebagai wadah melestarikan warisan kuliner Nusantara khususnya makanan khas Lengkong Tangsel."

Meski lokasi RKL tidak tepat berada di pinggir jalan raya, tetapi Elvita optimis RKL bisa berkembang.

"BKM Lengkong Wetan memiliki banyak jaringan komunitas seperti komunitas goes, sepak bola, ibu-ibu arisan yang bisa menjadi target pasar RKL, ini yang kita undang dan bisa menjadi pasar yang efektif. Dan kita akan berkerjasama dengan Dispora Tangsel, untuk bisa mengembangkan lahan sisa atau lapangan bola yang berada persis disebelah RKL sebagai destinasi wisata olahraga, sehingga bisa menarik masyarakat untuk datang ke tempat ini," ujar Elvita.

Elvita berharap RKL menjadi wadah yang bisa menambah kesejahteraan anggota BKM Lengkong Wetan, yang juga masyarakat Tangsel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: