Pujon Kidul, Desa Wisata di Jawa Timur, Sandiaga Uno: Punya Cafe dan Homestay 'Mewah'

Pujon Kidul, Desa Wisata di Jawa Timur, Sandiaga Uno: Punya Cafe dan Homestay 'Mewah'

Pujon Kidul, Malang, jawa Timur. -Instagram/ @desawisata_pujonkidul-

JAKARTA, DISWAY.Id-Selain Bali, banyak sekali tempat di Indonesia ini yang layak untuk dikunjungi dan tujuan wisata liburan. 

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, beberapa desa wisata di Indonesia ini menarik untuk dikunjungi. 

Melansir tayangan Podcast Youtube Dahlan Iskan, Senin 4 April 2022, Sandiaga Uno menyebutkan salah satu desa wisata di Malang, Jawa Timur bernama Pujon Kidul bisa menghasilkan Rp 2 Miliar per bulan.


Dahlan Iskan berbincang-bincang bareng Sandiaga Uno-DI's Way-YouTube Channel

Penghasilan itu menurut Sandiaga Uno didapat karena Pujon Kidul mempunya daya tarik homestay 'Mewah'.

"Ini menarik juga, dia (Pujon Kidul) punya kafe dan homestay namanya 'mewah', mepet sawah," canda Sandiaga Uno.

"Jadi yang dijual itu, selain budaya alam ditengah persawahan itu tuh sangat menarik. terus ada produk-produk ekonomi kreatif," Tambahnya lagi.

Selain itu tentunya beberapa tempat lainnya di Indonesia pun memiliki daya tarik wisata tersendiri. 

Bahkan sejumlah lokasi wisata telah masuk dalam Organisasi Pendidikan Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa atau UNESCO (United Nations Educational Scientific anda Cultura Organization)

"Bali, penglipuran. Dan itu tentunya menurut saya kalau di Bali itu banyak sekali, tapi kita bicarakan per kabupaten misalnya. Kalau di Buleleng itu ada Desa Pemuteran, itu juga world class. Kalau di Jembrana itu ada Wisata Ekasari, cokelat, dia memproduksi cokelat. Kalau di Tabanan kita tahu sendiri Jatiluwih yang sudah UNESCO," kata Sandiaga Uno.

BACA JUGA:Pariwisata Meningkat Meski Dihantam Pandemi, Sandiaga Uno Acungkan Jempol dengan China

"Di Badung banyak sekali, kemarin yang menang di anugerah Desa Wisata itu mulai dari Desa Wisata Canangsari, tempat kelahiran Ngurah rai jadi itu desa wisata berbassis sejarah. Sampai ke yang di Ungasan itu pak jadi ada Pandawa, di situ konsepnya desa wisata".

Sisi lain, bagi Sandiaga Uno adalah tantangan tersendiri untuk meningkatkan pariwisata dan produk ekonomi kreatif, karena dirinya menjadi menteri saat dunia sedang dihantam pandemi tidak terkecuali Indonesia. (*)

Sumber: