Peluang Timnas Indonesia Berlaga di Piala Asia 2023 Makin Terbuka

Peluang Timnas Indonesia Berlaga di Piala Asia 2023 Makin Terbuka

Shin Tae-yong saat pertama diperkenalkan PSSI sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia.-Dok.PSSI -Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Kemenangan Timnas Indonesia atas tuan rumah Kuwait dengan skor 1-2 membuka asa bagi Elkan Baggot dkk berlaga di Piala Asia 2023 yang seharusnya berlangsung di China. 

Awal manis ditunjukan Timnas Indonesia tidak bisa dikatakan sebagai keberuntungan. Sebab Kuwait merupakan favorit juara di group A. Terlebih, secara peringkat Kuwait berada di atas Indonesia versi ranking FIFA.


Pelatih Shin Tae-yong menerapkan strategi bertahan saat menghadapi tuan rumah Kuwait di Kualifikasi Group A Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kamis 9 Juni 2022 dini hari WIB. -PSSI -Disway.id 

Nah, untuk bisa berlaga di Piala Asia, Timnas Indonesia memilki satu syarat lagi yang harus dipenuhi, yakni wajib menang di 2 pertandingan tersisa (jadwal lihat di bawah) menghadapi Yordania dan Nepal.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Babat Tuan Rumah Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023   

Dua partai yang harus dimainkan tim besutan Shin Tae-yong pada babak kualifikasi Group A Piala Asia itu bukan hal mudah tapi juga bukan hal sulit setelah Timnas sukses menjajal Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, dengan mengalahkan Kuwait. 

Yordania lawan yang bakal dihadapi kini berada di puncak klasemen sementara group A setelah membantai Nepal dengan skor 2-0 pada laga yang berlangsung stadion yang sama. 

Yordania mengemas 3 poin dari satu laga. Poin ini sama dengan Timnas Indonesia yang membedakan hanya jumlah gol kemasukan. 

Dampak positifnya bagi Timnas Indonesia usai mempecundangi Kuwait, secara peringkat Timnas Indonesia terkatrol naik. Meski saat ini dalam catatan FIFA, Indonesia masih berada di ranking 159 dengan raihan poin 1.000,69.

BACA JUGA:Berikut Ini Format Piala Presiden 2022, Manahan Solo Jadi Stadion Pembuka

Perhitungan rangkin ini berbeda dengan laman Footy Ranking yang baru saja di-update. Poin Timnas Indonesia bertambah 14,02 poin. Artinya total skuad Garuda menjadi 1014,71 poin.

Sedangkan Kuwait tentu saja secara peringkat turun. Kuwait setelah mengemas kekalahan membuat negeri minyak ini kehilangan 14,02 poin dengan total 1050,46 angka. Posisi Kuwait turun lima peringkat dari posisi 145 ke 150.


Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.-PSSI -Disway.id 

Untuk diketahui jumlah peserta Piala Asia 2023 sebanyak 24 negara. Saat ini sudah ada 13 negara yang lolos. Konfederasi Sepakbola Asia atau AFC hanya memberikan peluang untuk 11 negara untuk bisa berlaga di Piala Asia 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: